Samsung Punya 20 Presiden yang Dianggap Dewa, Namun Hanya Satu Dewi

0
Samsung
Lee Young-hee, Bos Perempuan Pertama di Samsung (Foto: Samsung)

Gadgetdiva.id — Samsung memang perusahaan yang cukup besar dan telah menjadi raksasa dunia. Di balik suksesnya, ternyata perusahaan memiliki sekitar 20 Presiden yang berada di posisi pemipin perusahaan. Namun hanya satu orang wanita yang berada di kursi ‘dewa’ tersebut.

Korea Joong Ang Daily mengutip laporan internalnya yang mengungkap jika semua presiden di kursi C Level Samsung memiliki kekuasaan yang tanpa batas. Tidak heran jika karyawan Samsung kerap menganggap para Presiden perusahaan itu sebagai ‘dewa’.

Jumlah 20 presiden yang dianggap sebagai ‘dewa’ itu hanyalah 0,02 persen dari total karyawan yang ada di Samsung. Mereka merupakan manajemen kunci dan pembuat keputusan bisnis. Tidak heran jika mereka memiliki waktu lebih banyak di kantor dan berkutat dengan pemilik ‘kerajaan’ ketimbang di rumah bersama keluarga.

Selama beberapa dekade, jumlah petinggi di perusahaan Korea Selatan itu selalu sama dengan durasi pergantian hampir setiap tahun. Sebanyak tujuh presiden baru diangkat tahun lalu dan tujuh meninggalkan posisi mereka.

Samsung
Foto: Phone Arena

Selama upacara penguburan mantan Bos Samsung, Lee Kun-hee, sang anak Lee Jae-yong meminta pada tahun 2020 agar para presiden menyebarkan pasir di atas peti mati, sebuah ritual yang biasanya dilakukan untuk anggota keluarga dekat.

“Para presiden mungkin menghabiskan lebih banyak waktunya dengan Ketua Lee daripada anggota keluarga mereka,” kata Lee Jae-yong.

Mantan ketua itu dikatakan tertutup karena berusaha menghindari perhatian publik. Gaya manajemennya adalah memberi CEO dan presiden lebih banyak otonomi, meskipun patriarki dikenal sangat teliti dalam memilih eksekutif tingkat atas.

“Dia sering bertanya tentang sesuatu yang tidak terkait langsung dengan bisnis. Saya pikir itu karena dia membiarkan kami memimpin dalam mengoperasikan bisnis, sementara dia fokus untuk mendeskripsikan gambaran yang lebih besar,” kata mantan presiden Samsung Electronics yang enggan disebutkan namanya.

Lee Young-hee, Satu-satunya dewi di antara para dewa Samsung

Yang menarik, seorang presiden perempuan di perusahaan baru ditunjuk untuk pertama kalinya di tahun lalu. Dia adalah Lee Young-hee yang bertanggung jawab atas divisi marketing Samsung Device eXperience (DX). Device eXperience mencakup smartphone dan elektronik untuk konsumen.

Baca di sini: Samsung Tunjuk Presiden Perempuan Pertamanya

Masih dalam laporan laman tersebut, usia rata-rata presiden mencapai 57,5 tahun, sedangkan rata-rata presiden dan eksekutif di level lebih atas lagi mencapai 57,9 tahun.

Samsung
TM Roh – Samsung

Presiden termuda adalah Roh Tae-moon yang biasa dikenal dengan TM Roh dan memimpin bisnis smartphone. Ia mendapatkan gelar presiden di sana pada usia 50 tahun. Roh juga memegang rekor sebagai wakil presiden dan wakil presiden eksekutif termuda. Roh mempelopori kesuksesan smartphone Galaxy S.

Yang tertua adalah Ketua Kim Ki-nam, berusia 64 dan memimpin Samsung Advanced Institute of Technology. Kim dianggap mampu memperluas pangsa pasar Samsung dalam bisnis semikonduktor.

Bagi mereka yang memulai karir di Samsung Electronics, jangan senang dulu. Pasalnya, rata-rata butuh 28,8 tahun untuk menjadi presiden. Mereka bekerja untuk perusahaan selama rata-rata 32,5 tahun. Mayoritas dari mereka memperoleh gelar teknik, memainkan peran integral dalam mengajukan paten dan mengembangkan teknologi utama.

Setengah dari 20 pejabat di level presiden adalah lulusan dari Universitas Nasional Seoul, dan enam dari Universitas Yonsei. Sisanya memegang gelar Sarjana dari Universitas Perdue, Universitas Harvard, KAIST, Universitas Nasional Pusan, Universitas Inha dan Universitas Hanyang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Setengah dari mereka mengambil jurusan teknik elektro, dan empat lainnya teknik material dan sejenisnya. Dari 16 orang dengan gelar sarjana teknik, 15 melanjutkan untuk mendapatkan gelar Master atau doktoral.

Dengan latar belakang teknik yang solid, tak jarang presiden perusahaan itu memegang puluhan paten.

“Presiden Samsung Electronics adalah ahli teknik yang tingkat pengetahuannya sebanding dengan pemegang gelar doktoral dengan kepemimpinan yang hebat,” kata Lee Kyung-mook, profesor di Sekolah Pascasarjana Bisnis Universitas Nasional Seoul dan penulis buku berjudul “Samsung Way.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini