Kecepatan Internet Berpengaruh dengan Produktivitas Pekerja Indonesia di Rumah

0
Internet

Gadgetdiva.id — Sistem kerja hybird dan WFH disebut diidamkan oleh para pekerja Indonesia saat ini. Oleh sebab itu, kita membutuhkan akses internet yang lebih cepat.

Istilah hybird sendiri muncul sejak masa pandemi COVID-19. Artinya, ialah sistem kerja di kantor dan di rumah secara bergantian. Kedua sistem ini disebut diidamkan oleh para pekerja Indonesia.

Survei dari Databoks menyatakan bahwa 68 persen pekerja di Indonesia menginginkan perusahaan untuk tetap menerapkan sistem kerja hybird. Sedangkan, 28 persen di antaranya mendambakan sistem kerja penuh dari rumah alias Work From Home (WFH).

Adapun alasan yang menyebabkan mereka lebih menyukai sistem bekerja hybird. Di antaranya ialah fleksibilitas waktu, efisiensi biaya, work life balance dan dapat menurunkan stress.

Sebab itu, kecepatan internet sangat berpengaruh bagi pekerjaan mereka. Supaya, akses dan komunikasi mereka dengan pekerjaan semakin mudah.

Menurut Jose Renaldo, seorang IT Lead di sebuah perusahaan berbasis digital, bekerja dari rumah membuatnya lebih fokus. Sebab, tak terditraksi oleh apapun.

“Bekerja dari rumah membuat saya lebih fokus, karena tidak terdistraksi oleh waktu ngobrol dengan rekan kerja, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu,” ungkap Jose Renaldo.

Lebih dari itu, Jose juga menyatakan bahwa waktunya bekerja pun lebih panjang. Pasalnya, ia tak perlu menghabiskan waktu di dalam perjalanan dari rumah ke kantor.

Alasan yang sama pun diungkap oleh Adianty Putri Sudrajat. Dia merupakan bagian dari tim database dalam sebuah perusahaan media digital.

“Pastinya bekerja di rumah bisa lebih hemat, karena tidak keluar biaya transportasi,” tutur dia.

Pekerjaan bisa lebih cepat selesai karena waktunya digunakan hanya untuk bekerja, lanjut dia. Sehingga, dia merasa lebih produktif.

Tak hanya Jose dan Adianty, Newton Ongko juga mengaku bahwa bekerja akan lebih fleksibel jika dilakukan di rumah. Tentunya, didukung oleh jaringan internet yang baik.

“Kerja bisa lebih fleksibel karena bisa dikerjakan kapan saja, selama tidak melewati deadline yang telah ditentukan,” kata Newton yang berdomisili di Medan, namun bekerja dalam salah satu perusahaan teknologi di Jakarta.

Kendala Bekerja dari Rumah

Kendati demikian, bekerja dari rumah terntunya tetap memiliki kendala. Misalnya, koneksi internet yang lambat, kurangnya interaksi sosial dan gangguan dari lingkungan sekitar.

Salah satu kendala yang paling nyata ialah koneksi internet yang lambat atau tidak stabli. Hal ini kerap dihadapi oleh para pekerja dari rumah.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Ookla di tahun 2020 menyatakan bahwa Indonesia beradai di peringkat 111 dari 132 negara dalam hal kecepatan internet. Rata-rata di Indonesia memiliki kecepatan internet hanya sekitar 15 Mbps.

Internet

Internet yang cepat dan stabil adalah sebuah solusi untuk memudahkan kerja dari rumah dengan beberapa manfaat seperti: 

  • Komunikasi yang mudah 
  • Kecepatan mengakses layanan penyimpanan (unggah dan unduh) 
  • Fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja 
  • Meningkatkan produktivitas 

Syahla yang bekerja di perusahaan shopping search engine adalah satu dari sekian karyawan yang bekerja dari rumah, dan terkadang menghadapi kendala berupa jaringan internet Wi-Fi di rumah yang bermasalah.

Sebagai pengguna IndiHome dari Telkom Indonesia, Syahla merasa terbantu dengan dukungan dari customer service (CS) yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat. 

“Ketika internet lambat atau error, CS IndiHome cukup tanggap, sih. Biasanya keluhan lebih cepat diproses ketika menghubungi IndiHome melalui CS di Twitter.” ungkap Syahla. 

Jose yang kebetulan juga menggunakan provider internet IndiHome di rumahnya mengungkapkan hal yang sama. 

“Selama bekerja di rumah sih aman, ya pakai IndiHome, kecuali pada akhir bulan kadang kala penggunaannya melebihi batas FUP, jadinya agak lambat, dan kadang kala IndiHome yang suka tiba-tiba error dan harus restart.” 

Jose menambahkan “Kalau ada masalah yang tidak bisa diatasi sendiri, biasanya buka laporan di CS. Setelah itu, langsung ada teknisi yang sigap datang bantu checking issue di device saya.” 

Kesimpulannya, internet memungkinkan komunikasi yang cepat dan mudah, kolaborasi yang efektif, akses informasi yang cepat, fleksibilitas, dan meningkatkan produktivitas. Kehadiran internet telah menjadi jalan keluar bagi mereka yang ingin bekerja dari rumah.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan