Life

Dampak Buruk Koneksi Internet Lambat, Produktivitas Terganggu

post-img

Source : gadgetDiva

Produktivitas bekerja di kantor dan koneksi internet memiliki hubungan yang sangat era di era digital. Koneksi internet lambat bisa berdampak buruk karena untuk dapat bekerja dengan optimal, karyawan membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, agar berbagai tugas dapat dilakukan dengan efisien.

Ketergantungan dunia kerja dengan internet memang cukup besar, karena internet digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti mengakses informasi, mengirim dan menerima email, menggunakan aplikasi terkait pekerjaan, hingga kebutuhan komunikasi seperti video conference dan teleconference.

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan
koneksi internet lambatFoto: Ilustrasi

Beberapa masalah yang timbul karena koneksi internet lambat di antaranya:

  • Produktivitas kerja menurun
  • Terhambatnya komunikasi internal dan eksternal
  • Mengganggu layanan pelanggan
  • Kesulitan dalam mengakses informasi
  • Waktu pengolahan data yang lebih lama
  • Keterlambatan pengiriman dan penerimaan file/dokumen
  • Menurunnya kualitas kerja
  • Menghambat pertumbuhan perusahaan

Semua hal tersebut pada akhirnya akan memberikan kerugian terhadap perusahaan, yang dapat berujung pada hilangnya motivasi kerja para karyawan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan kecepatan internet yang memadai, dan kualitas koneksi yang baik untuk menjaga produktivitas.

Solusi Mengatasi Koneksi Internet Lambat

Telepas dari masalah teknis jaringan, penyebab utama lambatnya koneksi internet di kantor pada umumnya disebabkan oleh melebihinya jumlah pengguna internet di waktu yang bersamaan.

Hal tersebut mengakibatkan bandwith menjadi penuh, karena penggunaannya yang terbagi-bagi di waktu yang sama. Ini menyebabkan koneksi internet jadi melambat.

Perusahaan perlu membatasi penggunaan internet untuk hal-hal yang benar-benar penting dan dibutuhkan saja, yang berhubungan langsung dengan aktivitas kerja.

Namun ada kalanya perusahaan sudah membatasi penggunan internet secara maksimal, namun imternet tetap lambat. Beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain:

  • Upgrade koneksi internet
  • Ganti router atau modem, internet ke yang lebih baik
  • Gunakan teknologi kompresi data untuk mengurangi ukuran data yang dikirimkan melalui internet
  • Lakukan tes kecepatan internet secara berkala
  • Gunakan teknologi akselerasi internet seperti Content Delivery Network (CDN)
  • Perbarui penggunaan perangkat kerasa dan lunak

Selain hal-hal tersebut, pastikan juga internet di kantor menggunakan jaringan kabel yang dapat memberikan kecepatan internet yang stabil dan cepat bila dibandingkan dengan jaringan nirkabel.

Solusi lainnya, adalah dengan menggunakan jaringan internet fiber optik yang memang untuk saat ini masih menjadi pilihan yang terbaik. Salah satu penyedia layanan internet fiber optik yang cukup populer di Indonesia adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, diharapkan masalah internet lambat di kantor dapat diatasi dengan efektif sehingga karyawan dapat bekerja dengan lebih produktif dan efisien.

Cara Kerja Efektif dan Efisien Saat Koneksi Internet Lambat

Internet yang lambat dapat mengganggu kinerja perusahaan, namun terkadang kondisi kerja mengharuskan karyawan untuk tetap bekerja dengan jaringan internet yang tidak optimal.

Berikut adalah beberapa tips cara kerja efektif dan efisien saat internet di kantor lambat.

  1. Memprioritaskan tugas-tugas offline: Ketika koneksi internet lambat, fokus lah pada tugas-tugas yang dapat dilakukan secara offline, seperti menyelesaikan laporan atau mengedit dokumen. Hal ini akan membantu karyawan untuk tetap produktif.
  2. Menggunakan aplikasi offline: Gunakan aplikasi yang dapat digunakan secara offline seperti Microsoft Word atau Excel, dan menyimpan dokumen pada hard drive atau penyimpanan lokal. Hal ini memungkinkan karyawan untuk tetap produktif dan tidak terganggu oleh keterbatasan jaringan internet yang lambat.
  3. Gunakan hotspot dari smartphone: Jika memungkinkan, gunakan hotspot dari smartphone sebagai alternatif sementara ketika koneksi internet lambat atau tidak tersedia.
  4. Matikan aplikasi yang tidak digunakan: Mematikan aplikasi atau program yang tidak digunakan dapat mengurangi penggunaan bandwidth.
  5. Membuat rencana kerja manual: Buat rencana kerja manual menggunakan kertas dan pensil. Hal ini akan membantu karyawan untuk fokus pada tugas-tugas yang harus dikerjakan tanpa bergantung pada internet.
  6. Berdiskusi dengan rekan kerja: Gunakan waktu ketika internet lambat untuk berdiskusi dengan rekan kerja, seperti membahas masalah yang sedang dihadapi dan mencari solusi bersama.
  7. Meningkatkan keterampilan teknis: Ketika internet di kantor lambat, gunakan waktu tersebut untuk meningkatkan keterampilan teknis dengan membaca buku atau belajar dari sesama rekan kerja yang memiliki spesialisasi berbeda.
  8. Membuat jadwal yang fleksibel: Jika memungkinkan, buat jadwal fleksibel yang memungkinkan karyawan untuk bekerja di luar kantor atau di rumah, bila memang memiliki koneksi internet yang lebih baik.

Dengan menerapkan beberapa tips ini, diharapkan dapat membantu karyawan untuk tetap produktif dan bekerja secara efisien di kantor, meskipun dalam koneksi internet lambat.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas atau video di bawah ini? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

5G Dorong Visi Indonesia Emas 2045, Optimis Masa Depan Teknologi
Life

5G Dorong Visi Indonesia Emas 2045, Optimis Masa Depan Teknologi

Ericsson menyatakan bahwa 5G akan mempercepat pencapaian Visi Indonesia Emas 2045 dengan mendorong t..

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan
Life

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan

Jangjo meluncurkan JOWI System, solusi inovatif pengolahan sampah perkotaan, mendukung sirkular ekon..

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman
Life

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman

BIRKENSTOCK memperkenalkan ZÜRICH TECH, sandal fashion dengan desain eksklusif dan teknologi terbar..

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia
Life

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia

Kisah Kevin, mantan TKI di Jepang, yang kini menjadi fotografer penjelajah dunia. Dari perjuangan hi..


;