Life

Ternyata Ini Tujuan Orang Ambil Foto Selfie, Bukan Bermaksud Sombong

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Sejak kamera depan smartphone ditemukan, selfie mulai menjamur. Hampir setiap hari ada saja orang mengambil foto selfie untuk menyombongkan diri, tapi ternyata tidak demikian.

Dilansir Independent.co.uk, Minggu, 30 April 2023, ilmuwan menemukan jika foto selfie diambil bukan karena orang-orang ingin menyombongkan diri, melainkan untuk menangkap makna yang lebih dalam dari momen yang mereka alami saat itu.

Ilmuwan AI Ungkap Tips Mudah Hidup Kekal, Cuma Posting Foto dan Video

Selfie atau foto pribadi yang diposting di media sosial seperti Instagram kerap diartikan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian pengguna lain atau engagement, melalui klik, komen maupun like.

foto selfie

Namun peneliti telah mengungkap temuan lain terkait selfie. Dalam jurnal Social Psycological and Personality Science menunjukkan orang-orang yang memilih untuk menggambarkan diri mereka sendiri dalam momen berfoto selfie adalah untuk menangkap makna yang lebih dalam dari peristiwa tersebut.

“Jadi ketika orang berfoto selfie, mengambil foto pemandangan dari sudut pandang mereka sendiri, itu karena mereka ingin mendokumentasikan pengalaman fisik,” kata Zachary Niese ilmuwan dari Ohio State University, dalam jurnal tersebut.

Tujuan orang foto selfie

Menurut Niese, meskipun terkadang ada cemoohan tentang praktik pengambilan foto dalam budaya populer, foto pribadi berpotensi membantu orang terhubung kembali dengan pengalaman masa lalu mereka dan membangun narasi diri mereka sendiri.

Lisa Libby, profesor psikologi dari universitas yang sama menambahkan jika foto yang ada diri kita di dalamnya akan mampu mendokumentasikan arti yang lebih besar dari momen tersebut.

“Tidak melulu soal kesombongan,” ujarnya.

Studi tersebut melibatkan sekitar 2.113 partisipan yang melakukan enam jenis eksperimen.

Salah satu eksperimennya, partisipan diminta untuk menjawab di situasi seperti apa yang membuat mereka ingin berfoto selfie, seperti seharian di pantai dengan teman terdekat. Kemudian mereka diminta untuk menilai seberapa penting dan bermaknanya pengalaman tersebut. Foto yang mereka pilih sejatinya berasal dari deretan foto yang ada di dalam akun Instagram mereka.

Hasilnya, banyak partisipan yang menganggap momen di mana ada foto mereka di dalamnya sebagai yang paling memiliki arti mendalam. Artinya, foto yang ada diri mereka di dalamnya dianggap sebagai momen yang memiliki makna lebih besar.

“Kami menemukan bahwa orang tidak terlalu menyukai foto mereka jika ada ketidaksesuaian antara perspektif foto dan tujuan mereka mengambil foto,” kata Prof. Libby.

“Hasil riset ini membuktikan jika orang memiliki tujuan personal saat mengambil foto selfie,” tegas Dr. Niese.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Film Live-Action Disney "The Little Mermaid" Tayang Bulan Mei Mendatang
Life

Film Live-Action Disney "The Little Mermaid" Tayang Bulan Mei Mendatang

Gadgetdiva.id — Film Live-Action besutan Disney yang bertajuk “The Little Mermaid..

Ilmuwan AI Ungkap Tips Mudah Hidup Kekal, Cuma Posting Foto dan Video
Life

Ilmuwan AI Ungkap Tips Mudah Hidup Kekal, Cuma Posting Foto dan Video

Gadgetdiva.id — Tips mudah hidup kekal ternyata bisa dilakukan hanya dengan rajin-rajin mem..

Olike Indonesia Gelontorkan 500 Smart Sajadah untuk Anak Yatim dan Piatu
Life

Olike Indonesia Gelontorkan 500 Smart Sajadah untuk Anak Yatim dan Piatu

Gadgetdiva.id — Olike Indonesia mendonasikan sekitar 500 smart sajadah senilai Rp. 350.000..

5 Masalah Mudik Lebaran Ini Bisa Selesai Pakai Internet
Life

5 Masalah Mudik Lebaran Ini Bisa Selesai Pakai Internet

Gadgetdiva.id — Mudik lebaran telah menjadi tradisi usai ramadan. Namun ada saja masalah ya..


;