Gara-gara AI, Foto Bella Hadid di Vogue Diketawain Netizen

0
bella hadid
Bella Hadid dalam majalah Vogue Italia edisi Mei 2023.

Gadgetdiva.id — Model internasional seperti Bella Hadid bisa jadi bulan-bulanan netizen gara-gara AI. Teknologi AI atau Artificial Intelligence kini telah menjadi perhatian dunia, termasuk dunia fashion, salah satunya majalah Vogue.

Dalam edisi terbaru, majalah Vogue memuat cover dan isi yang menggunakan wajah model internasional Bella Hadid. Namun dalam tampilannya, semua gambar dan seni yang dibuat di dalam majalah tersebut dibuat dengan menggunakan AI.

Sepertinya majalah Vogue ingin coba mencari pendekatan tampilan desain dengan menggunakan AI yang tampaknya menjanjikan. Wajah Bella memang asli dan difoto menggunakan keahlian fotografer handal. Namun background halaman dengan wajah Bella itu dibuat dengan mengandalkan seni buatan AI.

Bella Hadid
Bella Hadid dalam majalah Vogue Italia edisi Mei 2023.

Visual background dengan wajah Bella Hadid itu dibuat menggunakan teknologi DALL-E 2. Mungkin terdengar menarik dan canggih untuk melibatkan AI dalam sebuah pekerjaan, apalagi pekerjaan seni. Namun hasilnya ternyata tidak seperti yang diharapkan.

Saat Bella Hadid memposting hasil desain majalah Vogue dengan cover dirinya itu, banyak netizen yang kecewa. Pasalnya, tampilan halamannya menjadi aneh. Bahkan ada salah satu hasil desain yang dianggap tidak wajar.

Foto Bella Hadid di Vogue Italia

“Latar belakang imajiner ini dibuat oleh AI DALL-E. Pemotretan pertama di dunia dengan tantangan nyata menggunakan AI, menyarankan visi kreatif untuk diterjemahkan oleh sebuah mesin,” tulis Vogue Italia dalam cover majalah edisi Mei 2023.

Selain model internasional Bella Hadid, fashion stylist-nya melibatkan Imruh Asha dengan fotografer Carlijn Jacobs. Gambar dalam majalah tersebut mengkombinasikan AI DALL-E 2 dengan asistensi seniman AI, Chad Nelson.

“Proyek AI ini merupakan wujud kolaborasi kreativitas manusia dengan kecerdasan buatan,” kata Vogue Italia.

Sayangnya, netizen berkomentar lain. Banyak yang menganggap jika Vogue salah menggunakan AI dalam projek tersebut. Majalah yang menjadi kiblat fashion dunia itu dianggap bisa lebih baik dalam memanfaatkan AI.

“Ini sangat buruk dan saya sama sekali tidak tahu mengapa tidak ada yang melihatnya. Apalagi Vogue Italia memiliki seluruh tim dan TIDAK ADA yang angkat bicara,” kata netizen di Instagram Bella Hadid.

“Foto pertama agak memberikan supremasi ras,” kata yang lain.

“Vogue Italia, tidak begini caranya menggunakan AI. Orang-orang ini seperti setan yang dikutuk,” ujar yang lain.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan