Life

5 Masalah Mudik Lebaran Ini Bisa Selesai Pakai Internet

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Mudik lebaran telah menjadi tradisi usai ramadan. Namun ada saja masalah yang terjadi saat mudik lebaran akan berlangsung, walau sebenarnya semua bisa terselesaikan dengan menggunakan internet.

Kemacetan lalu lintas, keterlambatan transportasi, kehabisan tiket, kepadatan penginapan, keamanan perjalanan, serta kesiapan fisik dan mental dapat menjadi kendala bagi para pemudik agar bisa mudik dengan aman dan nyaman.

Namun semua masalah tersebut sejatinya bisa diselesaikan dengan baik jika pengguna mau mengandalkan internet. Kehadiran internet yang cepat adalah solusi efisien dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk untuk persiapan mudik Lebaran yang memerlukan persiapan matang sebelum berangkat.

Mudik lebaranFoto: Damri

Salah satu internet provider yang memiliki kualitas jaringan terbaik di Indonesia adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Kecepatan teknologi fiber optik dapat membantu dalam mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dari rumah, sehingga mengurangi masalah yang mungkin timbul di perjalanan.

Nah, berikut beberapa masalah saat mudik lebaran yang bisa diselesaikan dengan baik secara online.

Pemesanan Tiket Transportasi yang Sulit
Solusi: Akses internet cepat dan stabil memungkinkan pemesanan tiket dengan lebih efisien, baik melalui website atau aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket, sehingga mengatasi masalah antrian panjang di loket, atau membeli dari agen travel.

Beberapa rekomendasi aplikasi untuk pemesanan tiket di antaranya seperti tiket.com, Traveloka, Airy, dan PegiPegi, yang dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk pencarian harga tiket termurah.

Kurangnya Informasi Rute Perjalanan
Solusi: Pemudik dapat mencari informasi rute perjalanan melalui internet. Ada banyak situs web dan aplikasi yang memberikan informasi tentang rute perjalanan dan layanan transportasi yang tersedia.

Simpanlah informasi ini dengan menggunakan fitur bookmark sebelum berangkat mudik Lebaran, sehingga memudahkan untuk mengaksesnya saat menemukan kendala dalam perjalanan.

Untuk mendapatkan rute perjalanan, aplikasi yang umumnya dipakai adalah Google Maps dan Waze yang bisa dimanfaatkan bila mudik dilakukan dengan kendaraan pribadi.

Bila menggunakan transportasi umum, maka aplikasi seperti Moovit hingga KRL Access akan sangat membantu dalam membuat rencana perjalanan mudik Lebaran.

Kepadatan Lalu Lintas dan Kemacetan di Jalan
Solusi: Pemudik dapat menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk mengetahui kondisi lalu lintas saat ini dan mencari rute alternatif yang lebih lancar.

Seperti halnya dalam mencari rute, aplikasi Google Maps dan Waze juga bisa digunakan untuk membuat rencana perjalanan, dengan membuat daftar titik rawan macet, sehingga kita bisa mencari rute alternatif.

Sulit Mencari Akomodasi
Solusi: Pemudik dapat mencari akomodasi secara online melalui situs web atau aplikasi yang menyediakan layanan pemesanan kamar hotel, guest house, homestay dan lain-lain.

Pemesanan akomodasi dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Pastikan internet provider yang digunakan memiliki kualitas jaringan yang baik, sehingga proses booking menjadi lancar.

Aplikasi seperti Travelio, Traveloka, Booking.com, hingga tiket.com, dilengkapi dengan fitur pencarian sekaligus pemesanan akomodasi, sehingga dapat menghilangkan kekhawatiran tidak mendapat penginapan saat mudik Lebaran.

Sulit Mencari Akses ke Layanan Kesehatan
Solusi: Pemudik dapat mencari informasi tentang layanan kesehatan yang tersedia di daerah yang akan mereka kunjungi, sebelum berangkat mudik Lebaran, dan menyimpan informasi ini di dalam smartphone untuk diakses secara offline dalam perjalanan.

Informasi-informasi kesehatan ini bisa didapatkan melalui aplikasi kesehatan seperti Halodoc, Alodokter, SehatQ, KlikDokter, dan Good Doctor, yang dilengkapi dengan fitur konsultasi online.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan
Life

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan

Jangjo meluncurkan JOWI System, solusi inovatif pengolahan sampah perkotaan, mendukung sirkular ekon..

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman
Life

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman

BIRKENSTOCK memperkenalkan ZÜRICH TECH, sandal fashion dengan desain eksklusif dan teknologi terbar..

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia
Life

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia

Kisah Kevin, mantan TKI di Jepang, yang kini menjadi fotografer penjelajah dunia. Dari perjuangan hi..

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel
Life

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel

SKINFOOD menghadirkan seri produk Carrot Carotene, yaitu Carrot Carotene Relief Cream, Carrot Carote..

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan
Life

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan

Netflix mencapai 40 juta pengguna aktif bulanan dengan paket murah, mendorong pertumbuhan pelanggan ..


;