Life

Dyson Purifier, Penjernih Udara Ruangan 100 Meter Tanpa Bising

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.idDyson Purifier menjadi penjernih udara dalam ruangan yang cukup besar. Cocok untuk studio atau kantor. Apalagi, tanpa ada suara bising meski dinyalakan dalam kekuatan maksimal.

Uji standar untuk penjernih udara, Clean Air Delivery Rate (CADR), telah digunakan sejak tahun 1980-an. Teknologi penjernih udara telah berubah secara signifikan sejak saat itu. Meski uji coba dilakukan dalam ruangan kecil dengan luas 12 meter persegi menggunakan hanya satu sensor dan pencampur udara artifisial, uji ini masih digunakan untuk memprediksi kinerja penjernih udara di rumah.

Namun, saat mengembangkan penjernih udara terbesar, terhening, dan terkuat ini, insinyur Dyson menolak untuk hanya mengandalkan perangkat lunak komputasi, uji CADR, dan bahkan ruangan ‘Point Loading Auto Response’ (POLAR) yang sudah ada. Para insinyur Dyson membangun ruang uji coba yang lebih besar lagi, yaitu seluas 100 meter persegi di kampus Dyson di Hullavington, Inggris. Ruangan ini dilengkapi 36 sensor untuk membaca secara akurat kemampuannya menjernihkan udara dalam ruangan yang luas.

Kini terciptalah penjernih udara Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dilengkapi dengan sistem Cone Aerodynamics yang mampu mengedarkan udara murni sejauh 10 meter, filter K-Carbon bary untuk menangkap dua kali lebih banyak NO2 dibanding model sebelumnya, serta sensor baru untuk mendeteksi CO2. Walau dengan kemampuan proyeksi seluas ini, penjernih udara Dyson beroperasi hanya dengan 56 desibel suara, menjadikannya penjernih udara terkuat dan terhening.

Dyson PurifierDyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde

“Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde merupakan pertama kalinya Dyson memperkenalkan penjernih udara berukuran besar1. Produk ini khusus dirancang untuk menjernihkan udara dengan tenang bahkan dalam kekuatan penuh, efisien, dan yang paling penting, secara menyeluruh di ruangan yang luas. Proyeksi kuat yang menjangkau hingga 10 meter memastikan sirkulasi udara bersih hingga ke setiap sudut ruangan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi merasa terganggu oleh suara dari penjernih udara dengan proyeksi yang tidak efisien,” ujar Matt Jennings, Dyson Engineering Director – Environmental Care.

Cone Aerodynamics, Proyeksi kuat di ruangan seluas hingga 100m2

Dengan Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde, para insinyur Dyson memecahkan tantangan proyeksi penjernih udara yang lemah di ruangan luas. Umumnya, penjernih udara berukuran besar mengedarkan udara ke arah atas. Namun, Dyson mengembangkan sistem edaran udara yang hemat energi dan bertekanan rendah untuk mengatasi masalah tersebut dengan menciptakan Cone Aerodynamics.

Cone Aerodynamics memanfaatkan efek Coanda untuk menggabungkan dua aliran udara di atas permukaan yang halus, sehingga menghasilkan proyeksi hembusan udara yang lebih kuat hingga sejauh 10 meter dengan suara yang minim.

Alat ini mampu mengedarkan dua kali lipat aliran udara dibandingkan model sebelumnya. Proyeksi edaran udara yang kuat sangat penting untuk memastikan agar mesin mampu mengedarkan udara bersih ke setiap sudut dan mengalihkan kembali udara kotor ke dalam filter. Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dapat mengedarkan udara di sudut 0o, 25 o atau 50 o, tergantung pada preferensi pengguna.

Tiga fase filtrasi yang tersegel rapat di Dyson Purifier

Layaknya semua penjernih udara Dyson, Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde juga memiliki sistem filtrasi HEPA tingkat H13 yang tertutup rapat, memastikan udara yang telah dijernihkan diedarkan kembali ke ruangan. Terlebih lagi, para insinyur Dyson menyempurnakan kinerja filtrasi dengan meningkatkan kemampuan ketiga lapisan filtrasi serta masa pakainya.

Dyson PurifierDyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde.
  1. Filter partikel HEPA tingkat H13 dibuat dari serat borosilicate sepanjang 21 meter yang dilipat 459 kali (membuatnya 3,8 kali lebih lebar dari pendahulunya, yakni setara dengan dua kasur berukuran king atau 127 lembar kertas A4) untuk menangkap 99,95% polutan, termasuk debu dan alergen sekecil 0,1 mikron. Filter yang lebih besar ini dapat bertahan hingga lima tahun dan diganti secara terpisah dengan filter karbon, sehingga mengurangi limbah.
  2. Filter K-Carbon model terbaru ini mampu menghilangkan gas, khususnya NO2, yang dihasilkan dari aktivitas seperti memasak atau mungkin masuk ke rumah seperti dari lalu lintas. Filter K-Carbon memerangkap NO2 tiga kali lebih banyak dibandingkan filter sebelumnya karena kalium karbonat mengikat partikel NO2 secara kuat dan pada akhirnya meningkatkan keampuhan penangkapan.
  3. Filter Selective Catalytic Oxidation (SCO) Dyson memiliki lapisan unik, dengan struktur yang sama dengan mineral Cyrptomelane. Terowongan berukuran atom dengan jumlah miliaran akan memecah molekul formaldehida menjadi butiran air dan CO2. Selanjutnya, dengan bantuan oksigen dari udara, formaldehida terus dihancurkan, tanpa harus mengganti filter.

Ruangan yang tenang walau menyetel kekuatan penuh
Tim ahli akustik dan insinyur spesialisasi suara dan getaran kami merancang ulang wadah motor untuk menghasilkan sistem bertekanan rendah dan berkecepatan tinggi agar Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde mengedarkan aliran udara secara maksimal dengan suara seminim mungkin.

Peredam broadband Helmholtz merupakan rongga dari bahan berpori-pori mikro untuk menangkap gelombang suara dengan target frekuensi tertentu. Peredam Hemholtz meredam energi yang terpancar dari sumber (kompresor) di sepanjang jalur aliran udara.

Segel labirin unik mengontrol sirkulasi udara dengan memperpanjang jalur aliran udara, mengurangi jumlah energi yang ditampung, dan mengurangi pusaran udara yang disirkulasi ulang. Setelah melakukan berbagai percobaan, insinyur Dyson menemukan bahwa mengalirkan kembali udara ke aliran utama pada sudut 30o menghasilkan suara paling minim.

Dengan cara memasang motor penggerak dalam kompresor, Dyson berhasil mengisolasi getaran motor mesin sebelum getaran teramplifikasi, sehingga meminimalisasi tingkat akustik yang dihasilkan dari getaran. Ini adalah perbaikan dari generasi terdahulu. Sebelumnya, motor terpasang keras pada kompresor, kemudian direkatkan pada produk.

Sensing dan monitoring
Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dilengkapi serangkaian sensor yang terintegrasi. Algoritma Dyson yang unik akan memeriksa ulang data per detik, menganalisis udara, dan secara otomatis menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan untuk menjernihkan udara, lalu menampilkan hasilnya secara real-time di layar LCD dan aplikasi My Dyson.

Aplikasi My Dyson ini juga dapat digunakan sebagai pengendali jarak jauh bahkan dapat dari luar rumah, untuk menjadwalkan dan memantau penjernihan.

Selain sensor yang telah ada untuk mendeteksi polutan PM2.5 dan PM10, NO2, senyawa organik volatil (VOC), temperatur, serta kelembapan, Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde juga dilengkapi dengan sensor CO2 yang baru. Kadar CO2 yang tinggi dalam ruangan tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga kemampuan kognitif kita. Sensor baru ini akan secara akurat melaporkan kapan level CO2 melampaui batas yang direkomendasikan.

Tersedia mulai 18 Juli 2023, Dyson Big+Quiet Formaldehyde hadir dengan harga mulai dari Rp18.999.000. Tersedia dan dapat dibeli dari www.dyson.co.id, atau Toko Demo Dyson dan Mall Demo Zone di seluruh Indonesia seperti di Pondok Indah Mall 3 dan Grand Indonesia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan
Life

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan

Jangjo meluncurkan JOWI System, solusi inovatif pengolahan sampah perkotaan, mendukung sirkular ekon..

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman
Life

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman

BIRKENSTOCK memperkenalkan ZÜRICH TECH, sandal fashion dengan desain eksklusif dan teknologi terbar..

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia
Life

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia

Kisah Kevin, mantan TKI di Jepang, yang kini menjadi fotografer penjelajah dunia. Dari perjuangan hi..

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel
Life

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel

SKINFOOD menghadirkan seri produk Carrot Carotene, yaitu Carrot Carotene Relief Cream, Carrot Carote..

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan
Life

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan

Netflix mencapai 40 juta pengguna aktif bulanan dengan paket murah, mendorong pertumbuhan pelanggan ..


;