Coba 4 Tips & Trik pintar ini untuk penggunaan Gmail

0
gmail

Selama ini banyak pengguna Gmail yang belum mengetahui tips & trik pintar penggunaan Gmail mereka. Padahal kita bisa mengubah peraturan pada Gmail, dan membuatnya lebih praktis. Pada awalnya Gmail membatasi pengguna untuk periksa email, menulis email, menyimpan draft, dan kirim email.

Semua itu berubah dengan munculnya webmail berbasis browser. Dengan memanfaatkan kekuatan perangkat lunak dan layanan Google, Gmail mengemas beberapa opsi penyesuaian yang sangat dinamis. Inilah 4 tips & trik pintar untuk penggunaan Gmail.

  1. Cara membatalkan pengiriman pesan Gmail

Secara default, Gmail memberikan lima detik untuk mengurungkan pesan, tetapi pengguna dapat meningkatkannya hingga 30 detik. Ini sangat bermanfaat bagi pengguna jika ada kesalahan dalam email pengguna. Cara mengaturnya yaitu:

  • Pertama, klik ikon roda gerigi di sudut kanan atas dan navigasikan ke Setelan> Umum
  • Lalu, ke bagian atas daftar pengaturan, dan kamu akan menemukan “Urungkan Pesan”
  • Ubah dari 5 detik menjadi 10,20, atau 30 detik

Sekarang kamu sudah memiliki waktu lebih lama untuk mengklik batalkan pada notifikasi yang akan kamu lihat di bagian bawah layar setelah kamu mengirim pesan. Pastikan kamu menggunakan web browser, ya girls!

  1. Membuat email menjadi tak terbatas.

Pernakah kamu mendaftarkan akun Gmail hanya untuk mendapat diskon makanan atau belanja? Atau mendaftarkan akun Gmail kamu ke situs streaming online? Biasanya dengan mendaftarkan email kita ke situs tersebut membuat banyaknya email spam yang masuk ke akun Gmail kita, kan? Nah, jangan khawaatir girls, ada cara untuk mengurung semua email yang tidak kita inginkan tersebut tanpa harus membuat akun Gmail yang baru.

Caranya, hanya dengan menambahkan tanda + di akhir nama pengguna (tetapi sebelum @) kamu dapat membuat variasi tak terbatas dari akun Gmail kamu. Misalnya [email protected] akan mengarahkan email ke alamat utama kamu tanpa memberikannya kepada spammer. Kemudian dapat menyaring pesan yang berisi username+junkmail ke folder sampah sehingga tidak perlu repot untuk menghapusnya.

Trik ini tidak hanya berguna untuk menyaring sampah, ini memungkinkan kamu untuk membuat alamat Gmail yang tak terbatas, untuk mempertahankan satu login untuk semuanya.

Menggunakan alamat email pribadi kamu untuk pekerjaan? Buat[email protected]untuk mengidentifikasi semua email kamu yang berkaitan dengan pekererjaan, dan masih banyak lagi yang dapat dibuat sesuai keperluanmu.

  1. Membuat inbox menjadi lebih rapi

Jika kamu menerima banyak email masuk setiap harinya dan membuat inbox menjadi berantakan, jangan khawatir gunakan fitur filter dari Gmail supaya inbox menjadi tertata rapi. Berikiut adalah caranya:

  • Klik ikon roda gerigi di pojok kanan atas, lalu klik Setelan
  • Pilih tab Filter dan Alamat yang diblokir
  • Klik Buat Filter
  • Tentukan Kriteria Filter Email
  • Pilih opsi Tambahan yang diperlukan, seperti Hapus, Langkahi Kotak Mauk (Arsipkan), Tandai Sebagai Penting, dan lainnya.
  • Klik Buat Filter

Tada, sekarang email yang masuk sudah terfilter sesuai dengan keinginanmu.

  1. Lupa logout ?

Untuk kamu yang sering memeriksa Gmail dari komputer umum, seperti perpustakaan atau sekolah. Lalu, kamu lupa untuk logout dari akun Gmail saat sudah selesai memakainya. Nah, untungnya Gmail memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat dan logout dari komputer atau perangkat apapun yang kamu masuki (login).

Cukup dengan scroll down ke halaman Gmail, dan klik Detail ( dibawah tulisan Aktivitas Akun Terakhir). Setelah itu, akan muncul halaman yang menunjukkan dimana pengguna masuk ke akunnya saat ini. Dengan mengklik tombol bagian atas “ Logout dari semua sesi web Gmail lainnya” akan membuat akun Gmail menjadi logout dari setiap sesi selain yang sedang pengguna masuki.

Itulah tips & trik yang gadgetdiva berikan untuk penggunaan Gmail. Semoga bermanfaat, ya girls!

Baca jugaTips aman akses Google, batasi konten tidak pantas pada anak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini