Friday, 23 July 2021
More

    Latest Posts


    Ini alasan Facebook uji coba fitur sembunyikan jumlah Like

    Beberapa bulan yang lalu, Facebook telah mengumumkan menyembunyikan jumlah Like pada foto dan tampilan video di postingan pengguna layaknya seperti fitur yang lebih dulu diterapkan aplikasi Instagram.

    Pengumuman ini cukup mengejutkan para penggunanya, bahkan sekarang kabarnya jejaring sosial lainnya juga ikut menerapkan kebijakan ini.

    Dalam pengambilan kebijakan ini, pihak Facebook memiliki alasan atau penyebab diterapkan jumlah Like yang disembunyikan pada postingan penggunanya.

    Baca juga, Instagram melakukan uji coba fitur sembunyikan jumlah

    Hitungan jumlah Like dapat menyebabkan rendanya harga diri pada anak-anak. Sebab, selama bertahun-tahun para pakar media sosial telah menyuarakan keprihatinan atas masalah rendahnya harga diri dan perasaan tidak mampu eksis di platform seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat.

    Ketika pengguna melihat betapa banyak jumlah Like yang mereka dapatkan pada tiap postingan foto atau video, biasanya mereka akan kehilangan motivasi. Bahkan terkadang pengguna merasa tertekan karena gagal eksis di tengah banyak pengguna platform tersebut.

    Menyikapi hal ini, Facebook berharap dapat mengatasi masalah ini dengan fitur-fitur yang mereka terapkan. Fitur jumlah Like yang tersembunyi ini, digali oleh reverse engineer atau lebih populer Jane Manchun Wong. Fitur ini memungkinkan pengguna tidak akan menunjukkan hitungan jumlah Like pada postingan tertentu.

    Sebagai gantinya, pengguna akan dapat mengklik postingan dan memeriksa nama teman-teman mereka yang menyukai postingan tertentu.

    Sementara itu, seorang juru bica Facebook mengkonfirmasi pengujian fitur ini dalam sebuah pernyataannya pada laman TechCrunch. Namun  ia tidak secara spesifik mengatakan apa yang diharapkan perusahaan dari pengujian ini dan kapan perusahaan berencana untuk mengembangkannya.

    Sayangnya fitur ini hanya terlihat dalam kode aplikasi Facebook berbasis Android dan perusahaan belum banyak bicara tentang peluncurannya. Jadi, belum tersiar kabar kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi.

    Seperti perusahaan teknologi besar lainnya yang memberlakukan pengujian beberapa fitur, namun tidak semuanya meresmikan uji coba tersebut atau dikatakan bisa berakhir pada peluncurannya.

    Dengan adanya penerapan fitur ini, sebenarnya dapat mengembalikan fokus pengguna pada kualitas konten atau postingan, dari pada memperhatikan jumlah Like yang didapat.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR