Nielsen: GoFood pimpin pasar layanan pesan-antar makanan di Indonesia

3
Riset Nielsen GoFood

Dengan urbanisasi yang pesat, terjadi kenaikan pada jumlah masyarakat Indonesia yang membeli makanan siap santap (eating out), baik makan di restoran maupun tempat makan di luar rumah atau menggunakan jasa pesan-antar makanan.

Dari hasil riset Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market yang dilakukan Nielsen Singapura, mengungkapkan 84% masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata industri (39%) di Indonesia.

Baca juga, Gojek gandeng Digantara kenalkan Xcelerate, kembangkan startup Indonesia

Hal ini dibuktikan melalui hasil riset yang menyatakan masih ada 42% konsumen urban di kota besar yang belum menggunakan layanan pesan-antar makanan dalam tiga bulan terakhir. Sementara, demografi konsumen layanan pesan-antar berbeda untuk waktu makan siang dan makan malam.

Untuk makan siang ditempat kerja, konsumen didominasi oleh para pekerja berumur 26-35 tahun dengan posisi eksekutif atau manajerial (22%), serta pegawai swasta (44%). Untuk akan malam didominasi oleh pemesanan dari rumah, tanpa ada profil demografis yang menonjol.

“Penelitian kami terkait perilaku pengguna layanan pesan-antar makanan di Indonesia mengungkapkan banyak peluang yang belum tersentuh di Indonesia. Kenyamanan konsumen merupakan faktor utama yang menggerakkan pertumbuhan bisnis ini,” Papar Garick Kea, selaku Executive Director of Consumer Insight Nielsen Singapura.

Dalam enam bulan terakhir, tercatat jumlah transaksi GoFood meningkat dua kali lipat mencapai lebih dari 50 juta transaksi di seluruh Asia Tenggara setiap bulannya.

Dengan pencapaiannya, saat ini GoFood unggul dari pemain lainnya yang menawarkan layanan sejenis. selama empat tahun beroperasi, GoFood sudah menguasai sekitar 75 persen pangsa pasar dibandingkan pemain lainnya.

“Pencapaian ini merupakan bukti nyata kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap inovasi teknologi dan inisiatif yang terus dihadirkan GoFood selama empat tahun terakhir. Kami terus menjadi pemimpin pasar di layanan food-delivery dengan pangsa pasar 75% di Indonesia.” Kata Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group.

Kepercayaan konsumen terhadap GoFood dibuktikan beberapa temuan Nielsen pada konsumen yang menggunakan lebih dari satu aplikasi, dimana GoFood dianggap punya pilihan menu beragam dan dengan merchant beragam, masing-masing oleh 87% dan 83% konsumen urban.

Aplikasi GoFood juga dianggap user friendly dan mudah digunakan oleh 82% konsumen, Top-up untuk pembayaran melalui aplikasi dinilai mudah oleh 82% konsumen serta GoFood dianggap sebagai layanan pesan-antar makanan tercepat oleh 79% konsumen.

Catherine melanjutkan bahwa kunci sukses dalam memenangkan hati konsumen tersebut adalah pemahaman kami terhadap konsumen Indonesia yang suka kuliner.

“Terbukti dari data Nielsen yang menyebutkan 95% masyarakat Indonesia membeli makanan siap santap di luar rumah dalam tiga bulan terakhir.” Tutupnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan