Tips ini memudahkan kamu mencari file di Google Drive dengan cepat!

Jika paradiva belum sempat mengatur Google Drive dan mengharuskan menemukan item dengan cepat, kamu mungkin akan kesulitan menemukan file.

Nah, pastinya paradiva gak mau, dong membuang waktu untuk menemukan file. Tips dibawah ini bisa memudahkan kamu mencari Google Drive dengan cepat.

Akses Cepat Google Drive

Google Drive memiliki fitur yang disebut akses cepat, salah satu cara termudah untuk menemukan file yang kamu buka secara teratur. Kamu dapat mengaktifkan akses cepat dari pengaturan kapan saja!

Dari beranda Drive, klik pengaturan di sudut kanan atas, dan kemudian klik “pengaturan

Baca juga, Google hadirkan fitur terbaru Google One, tingkatkan layanan penyimpanan

Gulir ke bawah pada “saran“, centang kotak disamping “Make relevant files handy when you need them in Quick Access,” dan kemudian klik “Done”.

Setelah kamu mengaktifkan Akses Cepat, berikutnya kamu bisa buka Drive dan lihat bagian atas halaman dengan beberapa saran file yang relevan.

Cari Drive

Jika file kamu tidak muncul di Quick Access, maka kamu harus mencari item tertentu di Drive. Kamu dapat melakukan ini langsung dari kolom pencarian di bagian atas halaman.

Dari kolom pencarian, mulai ketikkan nama file dan Drive akan menampilkan semua file kamu untuk mencocokan secara dinamis. Klik pada file ketika melihatnya tercantum dalam hasil untuk membukanya.

Saring Hasil Pencarian

Pada Februari 2019, Google menerapkan cara yang lebih canggih untuk menyaring file di Drive. Ini menggunakan daftar jenis file yang dapat mengisolasi dari seluruh Drive pengguna dan kemudian menelusuri hasilnya sampai kamu menemukan file yang dicari.

Dari beranda Google Drive kamu, klik kolom pencarian, dan daftar jenis file akan muncul. Kamu dapat memilih dari PDF, dokumen, spreadsheet, presentasi, foto dan gambar, dan video.

Klik pada jenis yang ingin kamu saring.

Segera setelah kamu mengklik jenis file, semua file yang cocok akan ditampilkan. Untuk membuka file, lalu klik dua kali.

Lanjutan Hasil Filter

Jika kamu masih tidak dapat menemukan file yang dicari, kamu dapat menggunakan filter pencarian lanjutan untuk mempersempit lebih jauh.

Ketika kamu klik kolom pencarian, klik “More search tools” di bagian bawah daftar.

Saat kamu klik “More search tools,” panel baru akan terbuka dengan cara yang lebih terperinci untuk menemuka file persis yang dicari. Kolom tambahan yang harus diisi yaitu:

  • Type: Jenis file seperti dokumen, gambar, PDF, audio, folder, atau file zip.
  • Owner: Orang yang dimiliki file tersebut. Kamu dapat memilih siapa saja, saya, bukan saya, atau ketikkan nama orang tertentu atau alamat email.
  • Location: Apakah file ada di folder tertentu, “Sampah” atau “Berbintang.” Kamu juga dapat mencari file yang tersedia untuk orang-orang di organisasi.
  • Date modified: Tanggal file diedit terakhir kali.
  • Item name: Judul atau istilah yang cocok dengan bagian dari nama file.
  • Has the woeds: Pencarian untuk kata-kata dan frasa yang ditemuan dalam file.
  • Shared with: Nama atau email orang yang dibagikan file tersebut.
  • Follow up: Jika file memiliki item tindakan yang ditugaskan kepada pengguna atau saran dalam file yang dimiliki.

Isi salah satu bidang yang dapat membantu menghasilkan hasil yang lebih akurat dan kemudian klik “Search”.

Sama seperti sebelumnya, semua file yang cocok dengan istilah pencarian kamu tercantum di bawah kolom pencarian. Untuk membuka file, klik dua kali dan Drive akan melakukan sisanya.

Cari File Berdasarkan Ukuran

Jika kamu perlu menemukan item di Drive berdasarkan ukuran file, kamu dapat mengurutkan file tergantung pada seberapa besarnya. Kamu dapat menampilkan item dari  yang terbesar hingga terkecil atau terkecil hingga terbesar, tergantung pada apa yang kamu dicari.

Dari panel kiri, di bawah Storage, klik jumlah penyimpanan kamu – 1,6 GB dari 17 GB yang digunakan – dan semua file kamu akan terdaftar di bagian utama Drive kamu. Secara default, semuanya ditampilkan dari yang terbesar hingga yang terkecil.

Untuk mengurutkan semuanya dari yang terkecil hingga yang terbesar, klik “Storage Used”. Panah di sebelah teks akan berganti arah, menandakan bahwa urutan penyortiran telah terbalik.

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.