Google: Warga RI Makin Penasaran dengan Teknologi AI

0
Google
Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan

Gadgetdiva.id — Google mengungkap bahwa sepanjang tahun 2023, pencarian terkait teknologi meningkat di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari rangkuman keyword yang paling banyak dicari pada Google Year In Search 2023.

Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan menyatakan bahwa masyarakat Indonesia juga semakin tertarik untuk mencari tahu seputar teknologi Arificial Inteligence (AI). Termasuk juga turunannya seperti chatbot Bard dan generatif AI.

“Pencarian interest tentang teknologi itu semakin meningkat. Makin masyarakat itu mencari apa sih Aritificial Inteligence itu? Banyak banget yang cari dan banyak banget yang pengen tahu apa Artificial Intelligence itu,” ungkap Feliciana dalam acara konferensi pers Google Year in Search 2023 pada Senin (18/12).

Google Adapun keyword terkait teknologi AI yang digunakan oleh pengguna. Yakni, “apa itu generatif AI” atau “apa itu Bard?”.

Tak hanya tertarik untuk mengulik konsep dari teknologinya, Feliciana mengunkap masyarakat Indonesia juga tertarik untuk memanfaatkan teknologi tersebut dengan bijak. Sehingga, mereka tidak hanya dapat memaksimalkan penggunaannya dengan positif.

Hal tersebut terlihat dari kata keyword yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Seperti, “Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi” dan “Mengapa teknologi harus digunakan dengan bijaksana”.

Kata pencarian terkait teknologi tersebut masuk dalam kategori “Mengapa”. Dimana keduanya menduduki masuk dalam 5 kata pencarian yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

Berikut adalah top 5 kata pencarian dalam kategori “Mengapa” dalam Year on Search 2023.

1. “Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi”
2. “Mengapa ada bayangan”
3. “Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan pendapat”
4. “Mengapa kaki angsa dilapisi oleh selaput”
5. “Mengapa teknologi harus digunakan dengan bijaksana”

“Hasil tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin kritis dan jeli dalam menelaah informasi, juga lebih bijak dalam menggunakan teknologi untuk mendapatkan manfaat maksimal,” tutup dia.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan