Fitur Line Splitbill, bisa hitung dan bagi tagihan pakai teknologi OCR
- by Jihan Nasir
- Sabtu, 5 Oktober 2019 - 12:24 WIB
Line hadirkan inovasi terbaru melalui aplikasi pertukar pesan Line, dengan merilis fitur Line Splitbill. Line Splitbill merupakan fitur hitung dan bagi tagihan yang menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) sehingga bisa memindai dan menghitung tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik.
Baca juga, LINE Square resmi bertransformasi menjadi LINE OpenChat
Fitur ini dihadirkan untuk kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar berkumpul dan berbagi tagihan setelah makan bersama. Setelah melakukan survei pada Februari 2019 lalu yang diadakan Line yaitu menjaring sebanyak 24,443 responden dari seluruh Indonesia yang terdiri atas 35% perempuan dan 65% laki-laki. Sementara itu, jangkauan umur responden berasal dari kalangan berumur 17 sampai 40 tahun ke atas.
“Line Indonesia selalu berupaya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi para pengguna agar dapat menggunakan aplikasi Line secara lebih maksimal. Salah satunya melalui peluncuran fitur Line Splitbill yang bisa membantu pengguna untuk menghitung dan membagi tagihan secara akurat dan mudah,” jelas Dale Kim, Managing Director Line Indonesia.
Dale menambahkan bahwa harapannya dengan kehadiran fitur Line Splitbill ini, Line dapat mempermudah serta memperkaya kehidupan sehari-hari pengguna setianya di Indonesia.
Dari hasil survei tersebut menunjukkan jika 69% responden setidaknya melakukan pertemuan atau berkumpul bersama teman-teman setidaknya satu kali seminggu. Di sisi lain, sebanyak 68% responden menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai menu pesanan masing-masing merupakan kebiasaan yang disukai responden setelah makan bersama.
Responden juga lebih menyukai jika pembayaran ditanggung terlebih dahulu oleh satu orang, namun sering kali responden khawatir terhadap hasil perhitungan tagihan yang dilakukan oleh orang tersebut tidak akurat (akibat perhitungan pajak dan biaya layanan restoran yang beragam).
Nah, fitur Line Splitbill menurut survei diatas, sangat tepat karena memudahkan pengguna dalam menghitung tagihan biaya. “Penanaman teknologi OCR (Optical Character Recognition) di dalam fitur Line Splitbill memungkinkan pengguna mendapatkan hasil hitungan yang berakurasi tinggi dengan proses penghitungan yang sangat mudah,” kata Fanny Verona, Strategy and New Business Director Line Indonesia.
Cara Menggunakan fitur Line Splitbill ini, pengguna cukup memilih Line Splitbill di Menu Chat di ruang percakapan Line mereka. Selanjutnya pengguna dapat memindai tagihan secara langsung dari kamera atau mengambil gambar tagihan dari dalam galeri ponsel mereka. Teknologi OCR di dalam Line Splitbill akan menghitung dan mendeteksi tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik.
Untuk langkah berikutnya, pengguna bisa memilih teman di dalam Line yang ikut berkumpul dan makan bersama. Jika teman mereka bukan pengguna Line, pengguna dapat memilih “Add a friend without Line” dan menggunakan dummy teman.
Pada fitur ini, tidak hanya akan menghitung harga yang tertera di dalam tagihan, tetapi juga menghitung pajak serta biaya layanan restoran secara otomatis. Fitur Line Splitbill juga memiliki manfaat yang bukan hanya dirasakan oleh pengguna setia Line, tetapi juga yang bukan pengguna Line melalui kehadiran fungsi “Add a friend without Line”.
Hal ini dikarenakan pengguna Line yang memanfaatkan Line Splitbill bisa menyalin dan mengirimkan tautan hasil hitungan melalui platform lain kepada teman mereka. Untuk dapat melihat hasil hitungan, teman mereka hanya perlu membuka tautan tersebut yang akan tampak dalam format web-based.
Untuk informasi lebih lanjut, tambahkan Akun Resmi Line Splitbill melalui tautan, Line.
Artikel Terkait
Ini 3 jenis konten yang di sukai ketika akses Aplikasi Twitter
Aplikasi Twitter mengapresiasi para pengguna yang secara aktif menciptakan konten dan persona. Ap..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
SehatQ luncurkan aplikasi konsultasi dokter, bantu pengguna hidup sehat!
SehatQ merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital yang dalam kurun waktu kurang dari se..
- by Rasya Putri
- 5 tahun lalu
- 3,250
IM3 Ooredoo hadirkan paket simpel, Freedom Internet
IM3 Ooredoo menghadirkan paket internetan terbaru dengan meluncurkan paket Freedom Internet. Deng..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
Ini yang harus dipelajari tentang privasi pengguna WhatsApp
Sebagian besar pengguna media sosial di Indonesia mungkin kurang peduli dengan privasi, terutama ..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250