Ini beberapa pembaruan yang segera hadir di Aplikasi WhatsApp

1
Storie WhatsApp

WhatsApp memiliki beberapa perubahan besar yang direncanakan untuk aplikasi chatting-nya yang begitu populer. Messanger milik Facebook ini berfungsi di berbagai platform mobile, termasuk iOS, Android, Windows Phone, dan Mac atau Windows PC. Ini memungkinkan pengguna mengirim pesan teks, video, foto, file, halaman web, dan lainnya, melalui koneksi internet seluler atau Wi-Fi.

Beberapa fitur-fitur baru di WhatsApp memiliki perubahan untuk aplikasinya. Berikut dibawah ini lima pembaruan yang harus kamu waspadai.

Menghilangkan Teks

WhatsApp ingin menerapkan fitur Pesan Menghilang yang bisa menghilang ke dalam aplikasinya di masa mendatang. Fitur baru yang diilhami SnapChat ini akan memungkinkan kamu mengatur penghitung waktu pada teks. Jadi, pengguna dapat mengirim pesan yang bisa dihilangkan sendiri. 

Seperti semua fitur yang akan datang, fitur Pesan Menghilang atau fitur Disappearing Messager ditemukan oleh WABetaInfo, yang menjelajah melalui rilis perangkat lunak beta terbaru dari WhatsApp untuk mengendus petunjuk tentang fitur yang akan datang dan desain tweak yang datang ke aplikasi. Menurut petunjuk yang ditemukan dalam WhatsApp beta terbaru, fitur ini akan tersedia dalam obrolan grup.

Dibagikan oleh laman WABetaInfo, obrolan grup akan dapat menetapkan aturan tentang pesan yang hilang sehingga setiap pesan teks, foto, video, atau klip audio yang dibagikan dalam obrolan akan terhapus dengan sendirinya setelah 5 detik, atau 1 jam .

SnapChat mendapatkan daya tarik besar untuk sistem pesan singkatnya, yang menghapus setiap foto, video, pesan teks setelah seorang penerima membacanya. Agar orang lain tidak bisa mengambil tangkapan layar apa pun yang ingin disimpan oleh pengirim karena waktu yang ditawarkan hanya terbatas. Serta aplikasi pesan yang menyertakan peringatan ketika pengguna lain dalam obrolan meng-screenshot pesan. Namun, sistem ini belum jelas, apakah WhatsApp melakukan sistem yang sama.

Sayangnya, belum diumumkan rencana untuk meresmikan kapan peluncuran fitur Pesan Menghilang pada aplikasi WhatsApp.

Mode Gelap

Mode gelap merupakan tren baru dengan Google dan Apple yang menambahkan Mode Gelap ke seluruh sistem operasi seluler terbaru mereka. Opsi ini mengalihkan setiap bagian dari antarmuka pengguna yang biasanya berwarna putih cerah ke warna abu-abu gelap, atau hitam pekat.

Aplikasi harus diperbarui untuk mendukung opsi baru, sehingga tidak berwarna putih menyilaukan saat pengguna memuatnya dalam Mode Gelap. WhatsApp berusaha untuk mendukung Mode Gelap di kedua platform, dengan banyak referensi ke opsi baru yang muncul dalam pembaruan beta.

Selain itu, aplikasi milik Facebook lainnya, termasuk Instagram, telah menambahkan dukungan untuk fitur ini ke aplikasi mereka. 

WhatsApp Di Seluruh Perangkat

Saat berdiri, WhatsApp ditautkan ke nomor telepon pribadi penggunanya. Ini cara cepat dan mudah untuk memverifikasi identitas kamu saat masuk ke aplikasi. Namun, ini tidak terlalu kondusif untuk beralih di antara beberapa perangkat.

Banyak layanan perpesanan saingan, seperti Apple iMessage dan FaceBook’s Messanger yang memungkinkan pengguna beralih antara smartphone, tablet, dan desktop untuk mengirim dan menerima pesan.

WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim pesan dari komputer, tetapi itu bukan aplikasi Mac atau Windows yang sebenarnya. Smartphone pengguna masih memerlukan koneksi internet aktif, karena itu yang menangani semua pesan yang sebenarnya.

Menurut laporan dari BGR, WhatsApp ingin menjadi sistem multi-platform yang akan memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menggunakan akun yang sama di sejumlah perangkat secara bersamaan persis seperti cara kerja Apple iMessage.

Baca juga, 4 trik akses WhatsApp yang belum banyak diketahui

WhatsApp di iPad

Aplikasi iPad bisa menjadi platform utama berikutnya yang didukung oleh WhatsApp. Saat ini, WhatsApp tidak mendukung perangkat Wi-Fi saja seperti Apple iMessage milik pengguna. Kamu akan mengetahui di mana bisa berhenti dengan obrolan, panggilan video dan percakapan suara dengan semua kontak kamu dengan semua riwayat obrolan yang disinkronkan ke tablet.

Layar lebih besar pada iPad lebih sempurna untuk menonton klip video, atau membaca file yang dikirimkan kepada pengguna di WhatsApp. WABetaInfo menemukan referensi ke versi iPad. Dalam tangkapan layar yang dibagikan di media sosial, WABetaInfo menunjukkan folder yang termasuk dalam kode desktop WhatsApp yang berjudul “Tablet-iOS”.

Pengguna iOS 8

Ketika WhatsApp menampilkan fitur-fitur baru dan pembaruan ke layanan intinya, mungkin sulit bagi perusahaan untuk mempertahankan dukungan untuk sistem dan platform operasi yang lama. Seperti, WhatsApp pernah menghilang di BlackBerry, perangkat Android dengan versi 2.3.7, dan platform telepon yang lebih kecil lainnya.

WhatsApp baru-baru ini me-refresh halaman dukungannya dan meletakkan sistem operasi lain. Kali ini, pengguna iOS 8 yang akan kehilangan akses ke aplikasi perpesanan milik Facebook ini.

Dalam halaman dukungan yang diperbarui, pihak WhatsApp menyatakan untuk iPhone membutuhkan iOS 9 atau lebih baru. Di iOS 8, pengguna tidak lagi dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada.

“Jika WhatsApp saat ini aktif di perangkat iOS 8 pengguna, kamu akan dapat menggunakannya hingga 1 Februari 2020. Kami sarankan pengguna menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponselnya,” ujar pihak WhatsApp.

iOS 8 pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 dan sekarang diinstal pada sekitar 0,3 persen perangkat di seluruh dunia sehingga seharusnya tidak memiliki dampak besar pada sebagian besar pengguna iPhone. 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan