BJtech luncurkan BALESIN, siap jadi admin otomatis
- by Jihan Nasir
- Selasa, 8 Oktober 2019 - 08:46 WIB
Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerjasama dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola & Frestea, BFI Finance dalam pengembangan produk berbasis chatbot, BJtech luncurkan produk, BALESIN. BALESIN berfungsi untuk admin yang secara otomatis bisa menjawab pertanyaan berulang customer dengan cepat, tepat, dan otomatis 24 jam.
Didukung oleh teknologi chatbot, BJtech melalui BALESIN menawarkan alternatif baru untuk meningkatkan layanan customer service. Pemilik bisnis dan admin tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan yang repetitif satu per satu, sementara customer juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.
Saat ini BALESIN sebagai link yang bisa di-share di WhatsApp Messenger, e-commerce, dan akun media sosial lainnya, juga berupa chat widget yang bisa ditempel di dalam website.
Baca juga, Nursamawati Mahmud, jualan online pakai smartphone dan lidah
Diatce G. Harahap, selaku CEO BJtech menyatakan, “Kami menyadari bahwa admin juga perlu level up, skill improvement dari sekedar membalas chat customer yang itu-itu saja setiap harinya. Dengan chatbot, admin bisa lepas dari rutinitas menjawab pertanyaan repetitif, ditugaskan sebagai supervisor untuk memantau atau mengambil alih fungsi chatbot jika diperlukan saja. Misalnya ada customer yang komplain, di situlah peran admin mulai bekerja,” ujarnya.
Pertanyaan seragam dari kata-kata berbeda tapi dengan konteks sama yang sebenarnya hanya membutuhkan satu jawaban, bisa dipelajari oleh sistem NLP (Natural Language Processing) milik BALESIN.
Admin juga bisa dengan mudahnya menambah atau mengurangi sendiri jawaban dan pertanyaan yang mendukung BALESIN untuk menjalankan fungsinya. Selain menjawab pertanyaan berulang secara cepat, tepat, dan otomatis, BALESIN menyediakan analitik yang bisa digunakan untuk menambah kualitas layanan kepada customer ke depannya.
Analitik berisi laporan- laporan seperti berapa jumlah pertanyaan yang dijawab, tingkat kesuksesan dalam menjawab, total percakapan dalam jangka waktu tertentu, dan data-data lainnya yang bisa mendukung dan dipelajari untuk meningkatkan kualitas customer service.
Untuk membuat customer lebih interaktif dan nyaman saat chatting, admin maupun pemilik bisnis juga bisa mengatur gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan lini bisnis yang dijalankan.
Fungsi chatbot untuk menjawab pertanyaan customer, tentu saja bukan dimaksud untuk menggantikan peran admin. Admin justru memiliki peluang dan waktu lebih untuk mengembangkan skill-nya di bidang lain atau mengejakan peran lain yang lebih strategis, dan bertindak sebagai supervisor chatbot dalam menangani pelanggan.
Bagi pemilik bisnis, hal ini juga bisa dimanfaatkan selain karena efisiensi biaya dan tenaga, kolaborasi antara BALESIN berbasis chatbot beserta admin dengan skill mumpuni dapat menjadi investasi untuk pengembangan bisnis.
Tanpa terbendung, chatting telah berkembang di luar lingkup aplikasi pesan dan menjadi fitur wajib yang ada di setiap website dan aplikasi berbagai macam industri, mulai dari e-commerce, ride-hailing service, properti, sewa kendaraan, fintech, dan lain lain.
Artikel Terkait
Ini beberapa pembaruan yang segera hadir di Aplikasi WhatsApp
WhatsApp memiliki beberapa perubahan besar yang direncanakan untuk aplikasi chatting-nya yang beg..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
Ribet cari kost? Gak perlu khawatir, ada aplikasi RoomMe
Aplikasi RoomMe yang merupakan penyediaan layanan digital Rumah Kost di Indonesia yang siap merev..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
Fitur Line Splitbill, bisa hitung dan bagi tagihan pakai teknologi OCR
Line hadirkan inovasi terbaru melalui aplikasi pertukar pesan Line, dengan merilis fitur Line Spl..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
Ini 3 jenis konten yang di sukai ketika akses Aplikasi Twitter
Aplikasi Twitter mengapresiasi para pengguna yang secara aktif menciptakan konten dan persona. Ap..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250