BJtech luncurkan BALESIN, siap jadi admin otomatis

1
Admin otomatis BALESIN

Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerjasama dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola & Frestea, BFI Finance dalam pengembangan produk berbasis chatbot, BJtech luncurkan produk, BALESIN. BALESIN berfungsi untuk admin yang secara otomatis bisa menjawab pertanyaan berulang customer dengan cepat, tepat, dan otomatis 24 jam.

Didukung oleh teknologi chatbot, BJtech melalui BALESIN menawarkan alternatif baru untuk meningkatkan layanan customer service. Pemilik bisnis dan admin tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan yang repetitif satu per satu, sementara customer juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.

Saat ini BALESIN sebagai link yang bisa di-share di WhatsApp Messenger, e-commerce, dan akun media sosial lainnya, juga berupa chat widget yang bisa ditempel di dalam website.

BJtech luncurkan BALESIN

Baca juga, Nursamawati Mahmud, jualan online pakai smartphone dan lidah

Diatce G. Harahap, selaku CEO BJtech menyatakan, “Kami menyadari bahwa admin juga perlu level up, skill improvement dari sekedar membalas chat customer yang itu-itu saja setiap harinya. Dengan chatbot, admin bisa lepas dari rutinitas menjawab pertanyaan repetitif, ditugaskan sebagai supervisor untuk memantau atau mengambil alih fungsi chatbot jika diperlukan saja. Misalnya ada customer yang komplain, di situlah peran admin mulai bekerja,” ujarnya.

Pertanyaan seragam dari kata-kata berbeda tapi dengan konteks sama yang sebenarnya hanya membutuhkan satu jawaban, bisa dipelajari oleh sistem NLP (Natural Language Processing) milik BALESIN.

Admin juga bisa dengan mudahnya menambah atau mengurangi sendiri jawaban dan pertanyaan yang mendukung BALESIN untuk menjalankan fungsinya. Selain menjawab pertanyaan berulang secara cepat, tepat, dan otomatis, BALESIN menyediakan analitik yang bisa digunakan untuk menambah kualitas layanan kepada customer ke depannya.

Analitik berisi laporan- laporan seperti berapa jumlah pertanyaan yang dijawab, tingkat kesuksesan dalam menjawab, total percakapan dalam jangka waktu tertentu, dan data-data lainnya yang bisa mendukung dan dipelajari untuk meningkatkan kualitas customer service.

Untuk membuat customer lebih interaktif dan nyaman saat chatting, admin maupun pemilik bisnis juga bisa mengatur gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan lini bisnis yang dijalankan.

Fungsi chatbot untuk menjawab pertanyaan customer, tentu saja bukan dimaksud untuk menggantikan peran admin. Admin justru memiliki peluang dan waktu lebih untuk mengembangkan skill-nya di bidang lain atau mengejakan peran lain yang lebih strategis, dan bertindak sebagai supervisor chatbot dalam menangani pelanggan.

Bagi pemilik bisnis, hal ini juga bisa dimanfaatkan selain karena efisiensi biaya dan tenaga, kolaborasi antara BALESIN berbasis chatbot beserta admin dengan skill mumpuni dapat menjadi investasi untuk pengembangan bisnis.

Tanpa terbendung, chatting telah berkembang di luar lingkup aplikasi pesan dan menjadi fitur wajib yang ada di setiap website dan aplikasi berbagai macam industri, mulai dari e-commerce, ride-hailing service, properti, sewa kendaraan, fintech, dan lain lain.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan