Your Time on Facebook, Cek Seberapa Kecanduan Kamu

1
facebook

Kamu sering menggunakan Facebook, tapi pasti ga tau kalau ternyata ada fitur satu ini, yang bernama Your Time on Facebook. Kamu bisa mengecek berapa lama durasi melototin akun Facebook setiap harinya.

Selama ini, para pengguna Facebook hanya melakukan tiga hal di platform media sosial itu. Meski jumlah penggunanya sudah hampir 5 miliar namun kebanyakan mereka hanya login, cek notifikasi, mengirim beberapa komentar dan pesan chat, lalu menutup kembali.

Mereka tidak sadar jika melakukan 3 hal itu ternyata mampu membuat adiksi pada otak kita. Biasanya bisa mencapai hampir setengah jam.

Nah, kalau kamu merasa tidak terlalu kecanduan dengan Facebook, nanti dulu, jangan terlalu pede. Kamu bisa mengeceknya di fitur Your Time on Facebook. Fitur ini juga merupakan salah satu upaya Google untuk mencegah kecanduan para penggunanya

Fitur ini sepertinya hanya ada di aplikasi mobile. Wajar saja, karena semua orang juga sudah mulai tidak bisa lepas dari smartphonenya di tangan. Di sinilah Facebook akan memberitahu kamu berapa lama kamu menghabiskan waktu di Facebook melalui smartphone tersebut.

Langkah pertama adalah meng-klik More Menu (yang ditandai dengan tiga garis horisontal, yang terletak di ujung kanan atas). Kamu bisa melihat banyak fitur tersembunyi yang ada di Facebook. Namun tetaplah fokus pada apa yang kita cari, fitur Your Time on Facebook.

Paling bawah dari banyaknya menu yang muncul, kamu akan bisa melihat Settings and Privacy. Klik dan akan muncul beberapa status lainnya, termasuk Your Time on Facebook.

Saat menu YToF itu diklik maka akan keluar penjelasan yang cukup panjang, termasuk hitungan durasi kamu menghabiskan waktu di Facebook.

Saya pribadi ternyata menghabiskan waktu selama 20 menit setiap harinya di Facebook. Terlihat juga tabel yang menunjukkan berapa lama waktu jelajah Facebook kamu per hari selama 7 hari belakangan.

Oia, di Your Time on Facebook, kamu juga bisa langsung mengatur jadwal notifikasi, atau preferensi newsfeed yang kamu ingin munculkan di Facebook. Di menu itu juga ada batasan waktu interaksi di Facebook yang bisa kamu atur, mencegah kamu kecanduan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan