XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Saat Libur Lebaran 2024

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Saat Libur Lebaran 2024
Life

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Saat Libur Lebaran 2024

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Saat Libur Lebaran 2024

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Saat Libur Lebaran 2024 # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva – Menjelang Libur Lebaran 2024, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memperkuat infrastruktur telekomunikasi dan data mereka untuk memastikan ketersediaan layanan yang handal. Upaya penguatan jaringan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi peningkatan penggunaan data saat libur panjang Lebaran. Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan pengujian jaringan di rute-rute utama pulang kampung di berbagai wilayah, termasuk Sumatera. Manajemen XL Axiata memperkirakan bahwa selama libur Lebaran mendatang, trafik layanan mereka dapat meningkat sebesar 10% – 20% dibandingkan dengan hari-hari biasa

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “, Momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan. Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata. Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi.”

Samsung Innovation Campus Tingkatkan Kompetensi Guru dan Dosen

Gede menambahkan bahwa kenaikan volume trafik selama perayaan Lebaran adalah hasil dari peningkatan aktivitas digital di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk penggunaan untuk silaturahmi atau merayakan hari raya, serta mengakses berbagai informasi dan hiburan. Menurut Gede, trafik di jaringan XL Axiata telah menunjukkan peningkatan stabil sebesar 5% rata-rata selama bulan Ramadan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Prediksi selanjutnya adalah bahwa peningkatan trafik akan terus berlanjut, mencapai antara 10% – 15% saat memasuki masa libur Lebaran, dengan puncaknya diperkirakan dapat mencapai sekitar 20%.

Selain peningkatan kapasitas, strategi antisipasi lainnya termasuk optimisasi jaringan dengan memperhitungkan kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan selama masa libur Lebaran. Daerah-daerah yang umumnya menjadi destinasi mudik dan wisata, terutama di Pulau Jawa, akan menjadi fokus perhatian khusus dalam upaya ini.

“Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran. Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

XL Axiata telah mengatur sumber daya yang memadai untuk menghadapi situasi tersebut. Tim teknis akan berjaga dan memantau jaringan selama 24 jam setiap hari, dengan tim lapangan yang siap bergerak sesuai kebutuhan. Selain itu, sekitar 94 unit mobile BTS telah ditempatkan di lokasi-lokasi strategis untuk mengatasi lonjakan trafik. Monitoring kondisi jaringan dilakukan secara berkala melalui Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama libur Lebaran, XL Axiata telah menyiapkan tim khusus untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan. Ada sekitar 500 petugas yang tersedia melalui berbagai saluran komunikasi, seperti call center dan layanan digital care yang aktif selama 24/7. Pelanggan dapat menghubungi layanan tersebut melalui berbagai platform online, termasuk aplikasi myXL dan AXISnet, serta melalui email, Facebook, Instagram, dan Live Chat. Selain itu, terdapat 92 XL Center yang tersebar di seluruh Indonesia, beberapa di antaranya akan tetap buka di hari kedua Lebaran, sementara yang lainnya akan kembali beroperasi seperti biasa mulai hari ketiga.

Penguatan jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa
XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan. Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran. Belum lama ini, di sepanjang ruas tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan. Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terdapat peningkatan trafik sebesar 54% di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km tersebut. Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru.

Penguatan infrastruktur jaringan termasuk melakukan optimisasi, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran pengalaman pelanggan juga XL Axiata lakukan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non tol, juga sepanjang jalur kereta, dengan menyiapkan jaringan berkapasitas 2-3 kali lipat lebih besar dibandingkan saat hari normal. Saat ini, total lebih dari 2.800 BTS 4G yang menopang layanan di sepanjang Tol Trans Jawa sejauh 979 km.

Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Telkomsel Enterprise Rilis Riset Ramadan Insight 2024
Life

Telkomsel Enterprise Rilis Riset Ramadan Insight 2024

Gadgetdiva – Telkomsel Enterprise, melalui unit bisnisnya, kembali merilis hasil riset Rama..

Samsung Innovation Campus Tingkatkan Kompetensi Guru dan Dosen
Life

Samsung Innovation Campus Tingkatkan Kompetensi Guru dan Dosen

Gadgetdiva – Meskipun mengalami tekanan, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diprediksi a..

Apple Beber Jadwal Gelaran WWDC 2024 Juni Mendatang
Life

Apple Beber Jadwal Gelaran WWDC 2024 Juni Mendatang

Gadgetdiva.id — Apple telah mengonfirmasi tanggal acara Worldwide Developers Conference (WW..

First Media Hadirkan Ragam Inovasi dan Promo Spesial di Bulan Ramadan
Life

First Media Hadirkan Ragam Inovasi dan Promo Spesial di Bulan Ramadan

Gadgetdiva – PT Link Net Tbk (Link Net), provider terkemuka layanan internet fixed broadban..


;