Google Maps dan Gmail bisa dark mode sekarang, ini caranya

2
Membuat Folder di Gmail

Google Maps dan Gmail bisa dark mode sekarang. Mode gelap atau yang sering disebut dengan fitur dark mode, sekarang lagi happening banget nih girls.

Kabar baiknya, paradiva yang suka menggunakan dark mode untuk aplikasi, kali ini Google telah meluncurkan dark mode untuk dua aplikasi yang paling banyak digunakan yaitu, Gmail dan Google Maps, untuk iOS dan Android.

Tapi girls, diingat ya bahwa tidak semua pengguna bakal bisa rasain fitur dark mode ini, lho!

Dalam sebuah tweet, seorang juru bicara Gmail mengkonfirmasi bahwa pihak perusahaan meluncurkan dark mode untuk Gmail dalam pembaruan terbaru. Pengguna dengan Android 10 dan iOS 11 (dan versi yang lebih baru) akan melihat opsi untuk mengaktifkannya di pengaturan segera.

“Saat ini opsi mode gelap hanya tersedia untuk Android 10+ dan iOS 11+. Jika versi OS ini tersedia untuk perangkat Anda, kami sarankan memperbarui untuk menggunakan mode gelap.” lanjut juru bicara Gmail dalam tweetnya.

Dalam pembeitaan di media lain, kabarnya Google juga menggoda dark mode untuk Maps melalui akun Android resmi di Instagram. Post tersebut menyarankan fitur tersebut seharusnya sudah tersedia di Android 10, tetapi belum ada menyebutkan tersedia di iOS. Memang, beberapa Redditor telah menemukan sedikit petunjuk dark mode di Maps pada perangkat yang lebih tua, seperti tombol bertema gelap.

Baca juga, Begini cara gunakan fitur dark mode Instagram

Sementara untuk sebagian besar pengguna iPhone seharusnya tidak mengalami kesulitan memperbarui ke versi iOS dengan dukungan untuk dark mode, sedangkan bagi pengguna Android terutama pemilik handset yang menjalankan skin kustom yang cenderung menerima pembaruan tersebut dengan penundaan.

Untuk mendapatkan tema baru di Gmail pada iPhone kamu, kamu harus mengaktifkan mode gelap di iOS. Atau, bisa juga dengan buka Pengaturan> Tema dari aplikasi Gmail (meskipun pengaturan itu tampaknya belum tersedia untuk semua pengguna iOS 13).

Seperti halnya dengan peluncuran serupa, beberapa pengguna mungkin mendapatkan mode gelap dengan sedikit penundaan, bahkan jika ponsel kamu menjalankan versi Android atau iOS terbaru. Jadi, jangan terlalu berkecil hati jika kamu belum bisa mengaktifkannya, ya girls!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan