Life

5G Dorong Visi Indonesia Emas 2045, Optimis Masa Depan Teknologi

post-img

Source : Indonesia Emas

GadgetDiva Ericsson menegaskan bahwa perkembangan 5G di Indonesia akan menjadi kunci untuk mempercepat pencapaian Visi Indonesia Emas 2045. Teknologi ini tidak hanya akan meningkatkan kecepatan internet dan kapasitas jaringan, tetapi juga akan mendorong transformasi digital yang signifikan di berbagai sektor, mulai dari industri hingga layanan publik.

Menurut Ericsson, 5G memiliki potensi besar untuk mempercepat adopsi teknologi canggih di Indonesia. Dengan kecepatan internet yang lebih tinggi dan latensi yang rendah, 5G memungkinkan pengembangan aplikasi dan layanan yang lebih inovatif. Misalnya, teknologi ini dapat digunakan untuk mendukung Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan layanan berbasis awan yang akan menjadi tulang punggung ekonomi digital di masa depan.

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman

Transisi ke 5G juga diharapkan dapat memperbaiki kesenjangan digital di Indonesia. Dengan menyediakan konektivitas yang lebih baik di daerah terpencil, 5G dapat membuka peluang baru bagi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di wilayah-wilayah yang sebelumnya kurang terjangkau oleh teknologi. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk membangun infrastruktur digital yang inklusif dan merata di seluruh nusantara.

Penerapan 5G juga akan mendorong perkembangan Industri 4.0 di Indonesia. Teknologi ini memungkinkan otomatisasi dan integrasi sistem yang lebih canggih, yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas industri. Misalnya, dalam sektor manufaktur, 5G memungkinkan penggunaan robotika dan otomatisasi yang lebih canggih, sementara di sektor pertanian, teknologi ini dapat digunakan untuk memantau dan mengoptimalkan hasil panen secara real-time.

Ericsson juga menyoroti potensi ekonomi yang bisa dihasilkan dari adopsi 5G. Menurut mereka, teknologi ini dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan adanya 5G, startup dan perusahaan teknologi lokal memiliki peluang untuk berkembang dan bersaing di pasar global. Selain itu, sektor-sektor seperti pariwisata, transportasi, dan logistik juga akan mendapatkan manfaat dari peningkatan konektivitas dan efisiensi yang ditawarkan oleh 5G.

Kolaborasi dengan Pemerintah dan Indust

Kolaborasi dengan Pemerintah pusat dan industri

Source : gadgetdiva.id

Untuk mewujudkan visi ini, Ericsson mengajak berbagai pihak, termasuk pemerintah dan pelaku industri, untuk bekerja sama dalam membangun ekosistem 5G yang kuat di Indonesia. Mereka menekankan pentingnya regulasi yang mendukung dan investasi yang berkelanjutan dalam infrastruktur teknologi. Selain itu, pelatihan dan pendidikan juga menjadi kunci untuk memastikan bahwa tenaga kerja Indonesia siap menghadapi era digital ini.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, 5G diharapkan dapat menjadi pendorong utama dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Namun, untuk mencapai tujuan ini, Indonesia perlu melakukan langkah-langkah strategis, termasuk mempercepat pembangunan infrastruktur, menciptakan regulasi yang mendukung, dan mendorong inovasi teknologi di berbagai sektor.

Secara keseluruhan, Ericsson optimis bahwa perkembangan 5G akan memainkan peran penting dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Dengan dukungan teknologi ini, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi salah satu negara dengan ekonomi digital terkemuka di dunia. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk berkolaborasi dan memastikan bahwa manfaat dari 5G dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan
Life

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan

Jangjo meluncurkan JOWI System, solusi inovatif pengolahan sampah perkotaan, mendukung sirkular ekon..

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman
Life

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman

BIRKENSTOCK memperkenalkan Z√úRICH TECH, sandal fashion dengan desain eksklusif dan teknologi terbar..

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia
Life

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia

Kisah Kevin, mantan TKI di Jepang, yang kini menjadi fotografer penjelajah dunia. Dari perjuangan hi..

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel
Life

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel

SKINFOOD menghadirkan seri produk Carrot Carotene, yaitu Carrot Carotene Relief Cream, Carrot Carote..


;