Life

Google Luncurkan Gemini AI: Alat Inovatif untuk Siswa dan Guru

post-img

Source : Gemini AI

GadgetDiva –  Google kembali berinovasi dengan memperkenalkan teknologi terbaru mereka, Gemini AI, yang dirancang khusus untuk mendukung siswa dan guru di lingkungan pendidikan. Dengan hadirnya Gemini AI, siswa yang menggunakan akun sekolah mereka akan mendapatkan akses ke alat pembelajaran canggih ini, sementara para pendidik juga dapat memanfaatkan berbagai fitur inovatif yang ditawarkan.

Sebelumnya, Google telah menawarkan layanan Gemini kepada remaja yang menggunakan akun pribadi mereka. Namun, langkah terbaru ini menandai komitmen Google untuk memberikan dukungan lebih besar dalam dunia pendidikan.

Cara PDAM Depok Kelola Air Pakai Antares Smart Water Meter

Dilansir dari TechCrunch, Sabtu (29/6/2024), Google menyatakan bahwa menyediakan akses ke Gemini AI bagi siswa remaja akan membantu mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di masa depan dengan adanya AI generatif. Melalui umpan balik secara real-time, Gemini AI diharapkan dapat membantu siswa belajar dengan lebih percaya diri.

Selain itu, Google menegaskan bahwa data dari obrolan dengan siswa tidak akan digunakan untuk melatih dan meningkatkan model AI mereka. Google telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa teknologi ini dibawa kepada siswa secara bertanggung jawab. Gemini AI memiliki pagar pembatas untuk mencegah respons yang tidak pantas, seperti konten terkait zat ilegal atau yang tidak sesuai dengan usia siswa. Selain itu, Gemini AI secara aktif merekomendasikan siswa untuk menggunakan fitur pemeriksaan ulang, yang membantu mereka mengembangkan literasi informasi dan keterampilan berpikir kritis.

Gemini AI akan tersedia untuk siswa remaja yang menggunakan akun Google Workspace for Education dalam bahasa Inggris di lebih dari 100 negara. Gemini akan dinonaktifkan secara default untuk remaja, hingga administrator sekolah memutuskan untuk mengaktifkannya.

Tidak hanya itu, Google juga mengumumkan peluncuran global fitur Read Along in Classroom. Fitur ini dirancang untuk membantu siswa membangun keterampilan membaca dan mendapatkan dukungan secara real-time. Pendidik dapat menetapkan aktivitas membaca kepada siswa berdasarkan tingkat kelas atau keterampilan fonik mereka. Mereka juga dapat melihat wawasan mengenai akurasi, kecepatan, dan pemahaman membaca siswa. Google bahkan menguji coba kemampuan untuk menghasilkan cerita yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan siswa.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, para pendidik dapat membuat, mengelola, dan berbagi pelajaran interaktif dengan lebih efisien. Selain itu, pendidik juga mendapatkan kemampuan untuk menandai tugas sebagai selesai atau belum selesai secara manual, serta melakukan penilaian secara massal.

Langkah ini menandakan dedikasi Google dalam memajukan pendidikan melalui teknologi inovatif. Dengan Gemini AI, Google berupaya membantu siswa dan guru dalam mengembangkan keterampilan penting untuk masa depan, memastikan bahwa teknologi digunakan secara bertanggung jawab dan aman.

 

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Laurier X Aku Naura Ajak Perempuan Muda Tetap Jaga Kualitas Hidup Saat Datang Bulan
Life

Laurier X Aku Naura Ajak Perempuan Muda Tetap Jaga Kualitas Hidup Saat Datang Bulan

Kekhawatiran dirasakan perempuan saat datang bulan, apalagi ketika aktivitas luar rumah sedang tingg..

Cara PDAM Depok Kelola Air Pakai Antares Smart Water Meter
Life

Cara PDAM Depok Kelola Air Pakai Antares Smart Water Meter

Solusi digital Antares Smart Water Meter (SWM) dari Indibiz Energi sudah mulai diadopsi oleh pengelo..

MAXstream Studios Rilis Serial Orisinil ‘Sehati Semati’
Life

MAXstream Studios Rilis Serial Orisinil ‘Sehati Semati’

Telkomsel dan MAXstream Studios bersama Sinemaku Pictures menggandeng untuk merilis serial orisinal ..

Kenalan dengan TED: Sales Metahuman Telkomsel yang Canggih
Life

Kenalan dengan TED: Sales Metahuman Telkomsel yang Canggih

TED, Sales Metahuman Telkomsel, menggunakan Generative AI untuk meningkatkan layanan pelanggan bisni..


;