5 fitur rahasia di Facebook, kamu pasti baru sadar kalau ternyata ada

Meski banyak yang digunakan namun banyak juga yang tidak tahu jika ada 5 fitur rahasia Facebook yang cukup tersembunyi.

Pengguna Facebook semakin bertambah dan bertambah seiring berjalannya waktu. Bayangkan, ada 5 miliar lebih pengguna Facebook di dunia, atau hampir setengah dari total populasi seluruh alam semesta.

Selama ini kita tak pernah menggali Facebook lebih dalam dan tak menyadari jika ternyata ada 5 fitur rahasia Facebook. Well, engga rahasia-rahasia amat, sih. Fitur itu sejatinya ada di Facebook namun kita kurang eksplor aja selama ini.

Sebenarnya banyak fitur Facebook yang bisa kita manfaatkan ketimbang hanya menulis status, me-like dan komen postingan orang, atau melakukan live streaming dan membuat page pribadi. No, it’s beyond that. Berikut beberapa fitur rahasia di Facebook yang bisa kamu manfaatkan.

Bikin profil dari video

Gadgetdiva pernah mengulas cara untuk membentuk profil yang keren di Facebook. Namun tidak hanya menggunakan foto tapi juga video. Profil dengan menggunakan foto, it’s so old school. Cobalah gunakan video di kolom profil. Caranya sama dengan pola mengganti foto profil. Namun di bagian paling bawah ada menu ‘video profil’. Jika kamu gunakan, orang yang melihat profil Facebook kamu akan disuguhkan lingkaran kecil profil kamu yang tampilannya bergerak, bukan lagi foto.

Teman yang jadi prioritas

Facebook juga sebenarnya bisa membuat kamu melihat postingan yang ingin kamu lihat setiap harinya. Misalnya, setiap membuka Facebook kamu ingin melihat postingan pacar atau gebetan kamu di feed paling atas. Sangat bisa. Tinggal atur setingan News Feed Preferences. Tandai akun orang yang postingannya ingin kamu lihat setiap membuka aplikasi Facebook.

Sentuh panah yang mengarah ke bawah di sudut kanan paling atas Facebook Menu desktop. Lalu pilih News Feed Preferences untuk memulai. Akun yang kamu tandai akan memiliki bintang berwarna biru di sebelah posting yang muncul di feed kamu.

Lihat semua foto yang disuka

Kalau sesekali kamu ingin bernostalgia dengan foto-foto jadul di feed Facebook kamu, caranya sangat gampang. Ketik saja ‘photos liked by me’ di kolom pencarian yang ada di sisi atas Facebook. Dari situ akan muncul otomatis foto-foto yang pernah kamu ‘Like’ di masa lalu.

Save for later

Facebook ternyata juga punya fitur Save for Later untuk dekstop dan versi mobile. Fungsinya mirip Bookmark untuk hal menarik yang kamu temukan namun tak sempat melihatnya secara utuh. Misalnya link berita, rekomendasi tempat, film dan acara televisi dan musik. Tinggal klik Save for Later di postingan yang kamu suka, lalu tonton nanti. Untuk mengakses postingan yang disimpan di desktop tinggal klik fitur Saved di sebelah kiri News Feed. Sedangkan di mobile, klik More lalu Saved.

Galang dana

Penggalangan dana saat ini bisa dilakukan juga di Facebook. Mirip seperti penggalangan dana di kitabisa.com. Di Facebook, kamu bisa memilih dua jenis penggalangan dana, yakni menggalang dana untuk diri sendiri atau teman (individu) atau menggalang dana atas nama yayasan/organisasi. Caranya mudah, tinggal klik Explore, lalu klik tab Galang Dana (fundraiser). Membuatnya cukup mudah namun jangan lupa untuk menuliskan juga tujuan dan target penggalangan dana itu, lalu sebarkan agar bisa saling berbagi.

Nah, baru tahu kan kalau ternyata ada fitur rahasia di Facebook? Masih banyak sebenarnya, namun kamu pilihkan 5 yang cukup penting ya.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.