Samsung Innovation Campus Dorong Talenta AI dan IoT Indonesia

Samsung Innovation Campus Dorong Talenta AI dan IoT Indonesia
Life

Samsung Innovation Campus Dorong Talenta AI dan IoT Indonesia

Samsung Innovation Campus Batch 5 2023-2024

Samsung Innovation Campus Batch 5 2023-2024 # Sumber : SamsungID

GadgetDiva – Samsung Electronics Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas talenta digital di Indonesia melalui program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024. Program ini berfokus pada pengembangan keterampilan di bidang Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Dalam laporan "Work Trend Index 2023: Will AI Fix Work?", sebanyak 75% karyawan di Indonesia menyatakan bahwa mereka bersedia mendelegasikan tugas kepada AI untuk meringankan beban kerja. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi AI tidak hanya penting bagi pekerja tingkat bawah, tetapi juga bagi manajer dan pemimpin perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Komitmen Samsung dalam Mencetak Talenta Digital

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, menjelaskan bahwa Samsung berkomitmen untuk mencetak talenta digital melalui program SIC. "Adopsi AI akan terus meningkat, tidak hanya di industri tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Melalui SIC, kami memberikan pelatihan kepada peserta untuk mengembangkan prototype produk IoT yang memanfaatkan teknologi AI terkini," ujar Ennita.

Google Doodle Tampilkan Animasi 2024 Summer Games di Paris

SIC Batch 5 tahun ini diikuti oleh 126 tim atau 504 peserta yang terdiri dari siswa SMA, SMK, MA, serta mahasiswa D3, D4, dan S1. Mereka telah melalui proses seleksi dan akan melanjutkan ke tahap ketiga, yaitu AI Product Development Bootcamp, yang berlangsung hingga 27 Juli 2024. Di tahap ini, para peserta mendapatkan pelatihan intensif selama 140 jam yang mencakup pembelajaran Machine Learning dan Deep Learning. Pembelajaran dilakukan secara blended-learning, yakni kombinasi antara sesi tatap muka online dan self-learning melalui platform Learning Management System (LMS).

Pengembangan Prototype dan Pengujian

Di bootcamp ini, para peserta SIC dilatih untuk membuat prototype IoT berbasis AI. Mereka dibekali dengan hardware seperti IoT kit yang mencakup microcontroller ESP32, sensor udara, dan komponen lainnya. Peserta juga mendapatkan pelatihan praktis untuk mengintegrasikan model AI dengan perangkat IoT. Selain itu, mereka diberi kesempatan untuk menguji prototype yang mereka buat dengan melibatkan masyarakat sebagai pengguna. Ini diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata dalam mengembangkan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pasar.

Joshua Phartogi, Lead Mentor di SIC Batch 5, menegaskan pentingnya peran mentor dalam program ini. "Para mentor, termasuk saya yang telah berpengalaman selama enam tahun di bidang teknologi IoT dan AI, akan membimbing peserta dalam menghadapi tantangan teknis dan praktis," ujar Joshua. Ia juga menekankan pentingnya pengalaman praktis selain ilmu dan sertifikasi untuk mencapai kesuksesan.

Seleksi Semi-Final dan Final

Pada tahap ketiga ini, para peserta diwajibkan mengumpulkan tugas-tugas yang akan dinilai untuk menentukan 80 tim terbaik (40 tim dari setiap kategori) yang akan melaju ke semi-final. Proses seleksi semi-final akan berlangsung pada 29-31 Juli 2024, dengan pengumuman tim yang lolos pada 1 Agustus 2024. Finalis akan diseleksi oleh juri dari Samsung, KEMENDIKBUD, KEMENAG, dan mitra industri, untuk menentukan juara pertama, kedua, dan ketiga, serta pemenang kategori People Choice Award.

Program SIC ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis peserta tetapi juga untuk membangun kepercayaan diri mereka dalam memasuki dunia kerja. Dengan adanya dukungan dari mentor berpengalaman dan kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari, diharapkan para peserta dapat menciptakan inovasi yang membawa dampak positif bagi masyarakat.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

eFishery PHK Karyawan, Imbas Restrukturisasi Perusahaan
Life

eFishery PHK Karyawan, Imbas Restrukturisasi Perusahaan

Unicorn eFishery melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya pada hari in..

Google Doodle Tampilkan Animasi 2024 Summer Games di Paris
Life

Google Doodle Tampilkan Animasi 2024 Summer Games di Paris

2024 Summer Games di Paris atau Paris Olympics 2024 berlangsung mulai hari ini, Jumat (26/7). Bersam..

25% Jaringan Wi-Fi Gratis di Kota Paris Tak Aman
Life

25% Jaringan Wi-Fi Gratis di Kota Paris Tak Aman

Laporan dari Kaspersky menungkap hampir 25% jaringan Wi-Fi gratis di Paris, Prancis tidak aman. Rise..

Tingkatkan Rasa Cinta Gen Z pada Kebaya, Djarum Foundation Hadirkan Film Pendek di Kanal Youtube
Life

Tingkatkan Rasa Cinta Gen Z pada Kebaya, Djarum Foundation Hadirkan Film Pendek di Kanal Youtube

Bakti Budaya Djarum Foundation hadirkan karya sinematografi pendek di kanal Youtube Indonesia Kaya a..


;