Cara aktivasi internet roaming Smartfren, biar eksis di luar negeri

Sejak tahun lalu, internet roaming Smartfren bisa digunakan di luar negeri. Namun kala itu, baru dua negara yang bekerja sama. Tahun ini, jumlah negara yang bekerja sama bertambah menjadi total 15.

Internet roaming Smartfren bisa digunakan di Singapura, Malaysia dan Jepang, Kemudian bisa juga di Hong Kong, Macau, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Brunei Darussalam, India, Flipina, Bangladesh dan China. 

Untuk bisa menikmati layanan tersebut, kata Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra, roaming internasional Smartfren dibanderol mulai Rp150 ribu dengan durasi selama 7 hari menetap di negara tersebut. Dengan harga sebesar itu, kuota internet yang diberikan hanya 2GB.

Nah, untuk bisa menggunakan paket internet roaming dari Smartfren di luar negeri ini, ada beberapa cara, terutama channel pembelian.

Banyak cara beli paket roaming

Untuk membeli paket internasional roaming Smartfren bisa dilakukan di Indonesia maupun negara tujuan. Bisa melalui Galeri Smartfren, aplikasi MySmartfren, website my.smartfren.com, atau kode panggilan *123#. Dari situ tinggal pilih saja menu International Roaming dan negara tujuan.

Jika anda lupa mengaktifkan di Indonesia, aktivasi roaming bisa dilakukan di luar negeri melalui aplikasi Smartfren, website resmi Smartfren atau panggilan *123#.

Oia, untuk menghindari terkena tarif harian, pastikan pembelian paket dilakukan dengan menggunakan koneksi free wifi di negara tujuan, atau melalui *123#. Tarif harian untuk paket internet luar negeri Smartfren bisa mencapai Rp70.000, menggunakan Internet Smart Day Pass.

First thing first

Sebelum membeli paket, pastikan jika sim card Smartfren kamu sudah mendukung International Roaming. Begitu juga perangkat yang digunakan, harus juga mendukung jaringan yang ada di luar negeri. Dan yang paling penting, status International Roaming kita harus sudah aktif. Semua perangkat saat ini sudah bisa mendukung sim card dan roaming Smartfren, mulai dari Samsung, iPhone dan lainnya.

Setting dan aktifkan

Untuk memastikan internet bisa digunakan di perangkat, coba lihat pengaturan data yang ada di dalam perangkat. Checklist fitur Roaming pada perangkat, ubah APN perangkat menjadi Smartfren 4G. Kemudian posisi Network Mode diupayakan 3G Only.

Untuk Network Mode, Smartfren memang masih dikenali sebagai 3G di Jepang. Namun tahun depan, pihak Smartfren menjanjikan akan masuk ke 4G Network Mode.

Sampai di tempat tujuan, jaringan akan otomatis terkoneksi. Smartfren mengaku telah bekerja sama dengan satu operator di satu negara. Itu artinya, ada 15 operator berbeda di setiap negara yang akan melayani pelanggan Smartfren yang berkunjung ke sana.

Nah, selamat mencoba!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.