Ini 5 produk makanan terbaik di I-PLAN Food Design Challenge

0
I-PLAN Food Design Challenge

I-PLAN Food Design Challenge menghadirkan inovasi-inovasi produk makanan olahan yang bernutrisi, lezat, dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan. I-PLAN Food Design Challenge ini menghasilkan 5 inovasi produk makanan terbaik untuk membantu mengurangi masalah stunting pada anak berusia di bawah dua tahun dan anemia pada ibu hamil, ibu menyusui, dan remaja.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 10 finalis tampil dalam final pitching day yang diadakan pada tanggal 13 Desember 2019 di Jakarta, di mana akhirnya terpilih 5 finalis dengan inovasi makanan terbaik.

Setelah melewati proses penjurian, dan disepakati oleh para juri, Biskuit Ikan Gabus Kelor, I-Fit Serealikan, Hokky Mie, Purulla, dan Uni Urchin berhasil menjadi 5 finalis dengan inovasi produk makanan terbaik, dan mendapatkan dana pengembangan senilai total 1 Miliar Rupiah.

Selain itu, mereka juga memperoleh kesempatan untuk mengembangkan produk melalui mentoring secara eksklusif dari Temasek Polytechnic College Singapore dan pendistribusian produk pada gerai-gerai ternama di Indonesia.

Ravi K Menon, selaku Country Director, Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia mengatakan, “Kami bersyukur dengan begitu besarnya antusiasme masyarakat dalam mengikuti I-PLAN Food Design Challenge tahun ini, di mana kami telah menerima hampir 300 proposal. Kami melihat bahwa nilai gizi dan mutu makanan masih menjadi tantangan terbesar bagi negara berkembang seperti Indonesia, dan sangat penting memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat terlibat dalam memecahkan masalah ini,” ucapnya.

Tahun ini, I-PLAN Food Design Challenge mencari inovasi produk makanan siap santap dan siap masak yang menggunakan bahan dasar produk air laut maupun air tawar, seperti ikan, rumput laut, kerang-kerangan, udang, dan cumi. Bahan-bahan ini kaya akan nutrisi seperti protein, zat besi, kalsium, dan zinc, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan.

“Indonesia kaya akan sumber daya maritim, namun kita belum memaksimalkan pemanfaatan sumber daya tersebut. Kedepannya, kita perlu untuk memanfaatkan sumber daya ini sebaik mungkin dan menemukan metode yang baik agar dapat menghasilkan produk yang mudah didapatkan oleh semua lapisan masyarakat,” ucap Artati Widiarti, Senior Analis Pengembangan Pasar, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Untuk mencegah dan mengurangi penderita stunting dan anemia, pemerintah melakukan berbagai upaya, termasuk melaksanakan program peningkatan gizi di 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan remaja, serta program lainnya agar makanan makanan bergizi mudah didapatkan.

Melalui I-PLAN Food Design Challenge, diharapkan akan semakin banyak inovasi produk-produk makanan bernutrisi yang lezat, terjangkau, dan mudah didapatkan oleh masyarakat.

I-PLAN Food Design Challenge diinisiasi oleh Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, serta Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia, dan diselenggarakan oleh Innovation Factory.

I-PLAN Food Challenge ini sudah dimulai pada bulan Oktober 2019 lalu, kemudian dilanjutkan dengan roadshow ke 4 kota yaitu Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya, dan diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari startup, institusi, organisasi, asosiasi dan UMKM.

Baca juga, Gerai FIT Gourmet bantu kamu konsumsi menu makanan sehat


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan