Tuesday, 11 May 2021
More

    Latest Posts


    Ternyata mode ‘night light’ pada layar ponsel kamu berdampak buruk

    Paradiva tau gak, sih? Membuat layar smartphone kamu berwarna kuning atau menggunakan mode night light mungkin kamu harus menghentikannya agar mata kamu tetap terjaga, nih!

    Faktanya, menurut sebuah penelitian di University of Manchester, “night light” yang pancaran layar berwarna kuning bahkan lebih buruk untuk membantu kamu tidur dari pada hanya membiarkan smartphone kamu dalam mode standar, nih.

    Alasan di balik penggunaan mode ini pada layar setidaknya didasari pada prinsip-prinsip yang masuk akal secara ilmiah. Nah, paradiva harus tau, nih, di bagian mata ada protein yang disebut melanopsin merespons intensitas cahaya, dan khususnya, merespons lebih kuat terhadap cahaya dengan panjang gelombang yang lebih pendek.

    Panjang gelombang cahaya sesuai dengan bagaimana kita memahami warnanya. Pada layar ponsel kamu, biasanya memiliki tiga “subpixels” yang menerangi setiap piksel layar, yaitu dalam warna merah, hijau, dan biru.

    Subpixsels biru memiliki panjang gelombang terpendek, sehingga “mode malam” pada smartphone kamu sangat mengurangi kecerahan subpixsel biru tersebut, atau bahkan mematikannya seluruhnya, membuat layar tampak jauh lebih kuning.

    Tetapi menurut penelitian baru UoM, manfaat marjinal yang diberikan dengan membuat panjang gelombang rata-rata cahaya yang dipancarkan oleh layar ponsel kamu mungkin lebih besar dari pada faktor lain yang terkait.

    Penelitian mereka pada tikus menunjukkan bahwa sel-sel kerucut penginderaan warna di mata pengguna ponsel yang mungkin jauh lebih responsif terhadap warna kuning yang dihasilkan ketika ponsel dalam mode malam.

    Ini merupakan penelitian observasional, dengan kesimpulan yang diambil dari tikus yang terkena berbagai warna cahaya pada kecerahan yang sama.

    Pada siang hari, kita dihadapkan pada intensitas tinggi cahaya berwarna kuning dan putih, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa warna itulah yang memiliki efek terbesar pada siklus tidur. Namun, penelitian ini dikatakan bahwa hal nomor satu yang membuat kita tetap terjaga, pada akhirnya, hanyalah ponsel genggam itu sendiri.

    Layar smartphone kamu biasanya cenderung cerah, mengganggu, dan mengirimkan sinyal ke otak yang menunjukkan bahwa ini bukan waktunya untuk tidur. Nah, cara terbaik untuk menjaga ponsel paradiva dari gangguan tidur yaitu untuk diletakkan dan tidak menggunakannya.

    Baca juga, Ternyata, cahaya dari ponsel bisa merusak kulit wajah!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR