Joko Anwar bagikan tips jadi filmmaker pakai Galaxy Note10

0
Galaxy Note10

Dipenghujung tahun baru 2020, resolusi apa saja yang belum sempat terwujud di tahun ini paradiva? Apapun resolusi kamu, paradiva bisa coba merekam momen kamu menggunakan Galaxy Note10 dan Note10+ menjadi sebuah film, lho! Atau bisa jadi filmmaker untuk film pendek tentang memulai lembaran barumu di 2020.

Memulai proses pembuatan sebuah film memang memiliki banyak tahapan. Selain wajib memiliki kemauan yang kuat dalam menjalani prosesnya, paradiva juga dituntut untuk terus mengeksplorasi kreatifitas dan konsisten dalam menyuguhkan alur cerita yang relevan dan menarik.

Nah, Joko Anwar selaku sutradara dan penulis film Indonesia yang terkenal, membagikan 3 jurus persiapan film baru dalam Online Class Galaxy Movie Studio pada tautan ini di Youtube. Paradiva bisa peroleh informasi penting memulai karya film perdana melalui berbagai tips yang wajib diketahui agar mendapatkan hasil film dengan kualitas terbaik, seperti dibawah ini.

Berawal dari Ide Sederhana

Mencari ide yang menarik terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para filmmaker. Dimana ide merupakan proses dasar terbentuknya sebuah cerita yang nantinya akan dituangkan pada sebuah naskah ataupun skenario.

Joko Anwar mengatakan ide sebenarnya bisa didapatkan dari mana saja, hal yang paling sederhana yang sering dilakukan untuk mendapatkan sebuah ide adalah dengan memperhatikan orang sekitar serta kejadian yang ditemui sehari-hari. Dituntut jeli dan bergerak cepat ditengah banyaknya paparan informasi kilat disekitar kita, sebelum ide tersebut berlalu kita harus merekamnya melalui catatan kecil maupun mengabadikannya dalam sebuah foto atau rekaman video.

Cara termudah adalah dengan menggunakan smartphone andalan yang mampu mengakomodir kebutuhan tersebut. Salah satu contohnya dengan memanfaatkan fitur yang terdapat pada seri Galaxy Note10 yang mampu mencatat secara responsif melalui S Pen serta merekam momen dengan Pro Grade Camera yang dilengkapi dengan fitur Super Steady agar referensi ide terekam dengan baik walaupun sedang berada dalam situasi yang bergerak. Jika ide telah ditemukan, jangan segan untuk menceritakannya secara lisan kepada orang terdekat.

Saatnya Tulis Skenario-mu!

Setelah yakin dengan ide kamu, saatnya tuangkan semuanya melalui sebuah skenario yang akan menjadi panduan bagi semua orang yang terlibat dalam proses pembuatan film kamu nantinya.

Joko Anwar memberikan beberapa contoh prinsip penulisan yang dapat dijadikan referensi untuk membantu kamu untuk menulis ide menjadi sebuah skenario. Dengan menggunakan prinsip Struktur Tiga Babak (pola bercerita dramatik yang terdiri dari pembuka, inti sebuah cerita, dan penyelesaian masalah), 8 Sequence (2 babak\ pengenalan, 4 babak pengembangan, dan 2 babak revolusi cerita), ataupun 15 Beats (membagi skenario dalam 15 bagian cerita).

“Harus selalu diingat juga bahwa film yang menarik biasanya berasal dari skenario yang menarik juga, dimana didalam skenario tersebut harus memiliki karakter penokohan yang kuat yang memiliki definisi pandangan hidup yang jelas serta relevan dengan ide awal yang dipilih,” tambahnya.

Jika terdapat catatan penting maupun sepenggal dialog pilihan yang sebelumnya telah dituangkan pada smartphone kamu, jangan lupa untuk mengikutsertakan kedalam skenario yang sedang dibuat.

Nah, untuk paradiva pengguna seri Galaxy Note10 tentunya memiliki berbagai kemudahan dalam mengatasi hal tersebut salah satunya melalui fitur hand writing to text yang membantu mengubah tulisan tangan menjadi teks berbentuk font digital.

Selain itu, hasil foto maupun video yang menjadi referensi ide juga dapat dengan mudah dipindahkan ke perangkat laptop dengan menggunakan Samsung DeX agar dapat memudahkan proses penulisan.

Persiapkan Karya Film dan Make It Happen!

Setelah skenario selesai dibuat dan mencapai tahapan akhir tanpa adanya revisi lanjutan, saatnya paradiva memasuki tahap persiapan atau yang sering kita sebut sebagai pra produksi.

Tahap pra produksi merupakan proses yang krusial untuk sebuah film. Jika tidak dipersiapkan dengan matang, bisa jadi berpengaruh pada proses lapangan saat pengambilan gambar dilakukan.

Tentunya diperlukan komitmen yang tinggi dari berbagai peran dan kepala departemen yang terlibat dalam produksi sebuah film seperti produser, asisten sutradara, pengarah kamera, artistik, tata rias, serta kostum yang akan ditampilkan pada film kamu.

“Hal lainnya yang juga tidak kalah penting dan harus dicapai adalah untuk menyamakan visi semua orang yang terlibat pada proses serta mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi film tersebut seperti kast, alat, dan sebagainya,” Tutup Joko.

Nah, maksimalkan Galaxy Note10|10+ kamu dan mulai persiapkan film tahun barumu, ya!

Baca juga, Ini beberapa layanan akhir tahun 2019 Samsung paling lengkap!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan