5 Aplikasi yang bisa kamu andalkan hadapi banjir

Aplikasi banjir akan sangat berguna saat bencana itu melanda. Banjir menggenang di beberapa wilayah Indonesia di hari pertama tahun 2020. Banyak wilayah tergenang, terutama Jakarta yang hampir lumpuh.

Beruntung hari ini libur dan tidak banyak orang yang melakukan perjalanan atau aktivitas. Namun tetap saja, kita butuh untuk mempersiapkan diri, atau setidaknya beraktivitas di rumah meski dalam keadaan banjir.

Di tengah era teknologi saat ini, banyak aplikasi yang bisa membantu kita bertahan di tengah bencana banjir. Mulai dari aplikasi pemantau banjir, info pertolongan pertama, sampai aplikasi bersih-bersih. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu andalkan saat banjir melanda.

1. Pantau Banjir

Unit Pengelola Jakarta Smart City membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan warga memperoleh informasi tentang kondisi perairan di DKI Jakarta. Aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi berbasis Android tersebut dinamakan Pantau Banjir.

Baca juga: Layanan Whatsapp Bakal Tutup di iOS dan Android Ini

Aplikasi ini menampilkan peta Jakarta lengkap dengan zona yang diberi warna tertentu untuk menunjukkan lokasi terjadinya banjir. Saat zona tersebut di-klik, maka akan muncul info tentang nama kelurahan, Rukun Warga (RW), ketinggian air, dan status siaga. Pengguna dapat memilih tampilan peta atau tampilan satelit untuk halaman tersebut. Warga juga bisa melaporkan wilayah yang tergenang untuk menambah informasi banjir.

2. Pertolongan Pertama – IFRC

Aplikasi Pertolongan Pertama resmi dari IFRC memberi Anda akses langsung kepada informasi yang perlu Anda ketahui tentang menangani pertolongan pertama pada keadaan darurat yang paling umum. Kini dengan video, kuis interaktif, dan panduan bertahap yang mudah, memahami pertolongan pertama belum pernah semudah ini.

Panduan pertolongan pertama di dalamnya cukup lengkap karena dikembangkan oleh Pusat Kesiapan Bencana Global (Global Disaster Preparedness Center/GDPC) dan tersedia dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari seluruh dunia. Terdapat 40 bahasa, termasuk Indonesia.

3. Info BMKG

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk bisa memantau cuaca yang akan terjadi ke depan. Aplikasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ini memberikan informasi prakiraan cuaca dan sebagainya. Mulai dari Informasi Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, dan Gempabumi yang terjadi di Indonesia.

4. Twitter

Ini merupakan media sosial yang cukup cepat untuk urusan penyebaran informasi. Kalau kamu ingin tahu laporan dari netizen terkait wilayah yang terkena banjir atau ingin melaporkan wilayah mu terkena banjir atau butuh bantuan, bisa kamu cuitkan di sini. Tentunya dengan mengandalkan hashtag agar cuitanmu terpantau.

5. GoClean

Saat banjir telah surut, yang ada adalah sisa pasir dan sampah yang dibawa banjir. Nah, kalau kamu butuh bantuan untuk bersih-bersih, bisa gunakan aplikasi GoClean buatan Gojek. Di sini tim GoClean akan membantu kamu membersihkan sisa sampah banjir sampai rumah kamu kering dan kinclong seperti semula.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.