Google Assistant punya 8 fitur canggih terbaru di tahun 2020

1
Google Assistant

Melalui acara Consumer Electronics Show (CES) 2020, Google mengumumkan fitur Google Assistant terbaru. Diawal tahun 2020, Google Assistant dengan daftar fitur baru hadir untuk membantu memudahkan aktivitas penggunanya.

Sejak debutnya pada tahun 2016, Google Assistant telah membangun kemampuan yang cukup bagus, tidak lagi hanya asisten suara yang memberi tahu pengguna seperti apa cuaca di pagi. Selanjutnya, pada tahun 2020 ini Google rupanya bakal bekali kemampuan Assistant lebih dari menyalakan dan mematikan lampu, nih!

Nah, menurut Techradar, berikut ini ada beberapa fitur terbaru yang dihadirkan Google Assistant di awal tahun 2020 ini.

Penyiapan perangkat pintar

Saat menyiapkan perangkat pintar baru melalui aplikasi pendamping gadget, pengguna biasanya harus memasukkan kredensial Google kamu untuk menghubungkannya ke penyetelan Beranda.

8 Fitur terbaru Google Assistant © 2020 brilio.net

Nah, pembaruan baru akan menghapus langkah tersebut, Alih-alih menunjukkan pemberitahuan atau “tombol saran” yang akan dengan mudah menyelesaikan pengaturan tanpa perlu memasukkan kembali detail login kamu, nih!

Menyiapkan jadwal

Di beberapa titik tahun ini, pengguna bakal dengan mudah mengatakan “Hai Google, hidupkan mesin kopi pada pukul 6 pagi” pada malam sebelumnya untuk menyetel alarm. Dengan tindakan terjadwal ini, pengguna bisa mengatur waktu pada waktu yang kamu sesuaikan.

Perangkat rumah pintar

Di tahun 2020 ini bakal ada banyak brand yang bergabung untuk mendukung Google Assistant. Brand tersebut termasuk August Smart Locks, Philips Hue, GE dan masih banyak lagi.

The complete list of "OK Google" commands you can give to your Android phone.

Pengguna juga dapat mengontrol 20 perangkat baru melalui aplikasi Google Home, termasuk pendingin udara, pembersih udara, dan juga mesin kopi.

Catatan

Jika kamu meninggalkan catatan Post-it untuk anggota keluarga di rumah, sepertinya kamu bisa dengan mudah mengandalkan Google Assistant, nih! Pasalnya, Google Assistant bisa kamu andalkan untuk membuat catatan tempel pada layar cerdas atau smart display yang kompatibel, sehingga bisa terlihat oleh siapapun di rumah tanpa perlu masuk ke akun Google tanpa masuk ke akun Google. Memudahkan bukan?

Panggilan cepat

Pengguna bisa menambahkan kontak penting ke daftar “panggilan cepat” sehingga siapapun di rumah dapat melakukan panggilan dengan cepat dan mudah menggunakan layar pintar atau pengeras suara yang kompatibel. Pengguna hanya perlu mengucap, “Hai Google, panggil [nama]” dan Google Assistant bakal bekerja!

Membaca konten online

Di tahun 2020, Google mengumumkan bahwa pengguna Android bisa dengan mudah mengatakan “Hai Google, baca halaman ini” untuk membuat fitur Google Assistant ini bekerja dengan membaca halaman web secara lengkap. Sangat membantu, ya!

Menghapus riwayat

Privasi pengguna merupakan suatu hal yang penting. Tahun 2020 ini, perintah sederhana seperti “Hai Google, hapus semua yang saya katakan minggu ini” dan kemudia dengan fitur ini, Google Assistant akan menghapus riwayat pengguna.

Setiap pemicu yang tidak disengaja, seperti ketika Google Assistant bisa hidup karena terdengan suara di TV, sekarang dapat dihapus juga dengan mengatakan “Hai Google, itu bukan untuk Anda”.

Dukungan TV Android

Tahun ini, dimulai dengan beberapa Hisense dan TCL tellies, beberapa model TV akan mendapatkan dukungan mikrofon jarak jauh sehingga pengguna dapat menggunakan TV pintar milik kamu persis seperti menggunakan pengeras suara atau tampilan cerdas.

Bahkan, tahun ini pengguna juga bakal bisa membeli smart TV atau TV pintar milik Samsung yang dilengkapi Google Assistant, lho!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan