Hey, Google! Bacain berita ini, dong

0
google assistant

Fitur Google Assistant ada yang baru. Mereka telah memiliki beberapa peningkatakan di dalamnya. Sebelumnya kami pernah menuliskan adanya 8 peningkatan pada software pintar Google itu. Nah, salah satunya adalah kemampuan Google Assistant untuk membacakan halaman suatu website.

Kemampuan ini terungkap di Consumer Electronics Show 2020 di Las Vegas. Google Assistant yang ada di perangkat android, baik smartphone maupun tablet, akan bisa membacakan tulisan-tulisan yang tampil di halaman website yang kita buka.

“Fitur ini sangat berguna, khususnya bagi mereka yang tuna netra. Caranya cukup mudah. Yang harus kamu lakukan hanyalah memberikan perintah ke Google Assistant di ponsel atau tablet Android kamu,” kata Google seperti dikutip dari TechRadar.

Baca juga: Google Assistant Punya 8 Fitur Baru

Dijelaskannya, perintahnya pun cukup gampang. Hanya bilang, ‘Hey, Google. Bacakan’. Atau ‘Hey, Google, Baca halaman ini’. Lalu dalam hitungan detik, Google akan membacakannya untuk kamu.

“Tak hanya membacakan, Google Assistant juga akan menerjemahkan teks tersebut ke dalam bahasa yang kita mengerti. Saat ini tersedia 42 bahasa yang dilayani Google Assistant,” kata Google.

Saat ini Google sedang mencari cara untuk meningkatkan kemampuan membaca si Assistant. Tak hanya mampu membaca halaman yang ada di layar tapi bisa membaca sampai ke bawah sehingga harus punya kemampuan scroll otomatis. Selain itu, Google akan membuat Assistant untuk bisa mencari inti tulisan atau meng-highlight teks.

Kemampuan membaca Google Assistant ini akan mulai bisa digunakan di tahun ini. Namun Google belum memberikan info detil kapan tepatnya fitur ini meluncur. Namun yang jelas, karena ini hanya untuk Google Assistant berarti hanya bisa digunakan di Android.

Sejak debutnya pada tahun 2016, Google Assistant telah membangun kemampuan yang cukup bagus, tidak lagi hanya asisten suara yang memberi tahu pengguna seperti apa cuaca di pagi. Selanjutnya, pada tahun 2020 ini Google rupanya bakal bekali kemampuan Assistant lebih dari menyalakan dan mematikan lampu, nih!

Nah, menurut Techradar, beberapa fitur terbaru yang dihadirkan Google Assistant di awal tahun 2020 ini seperti menyiapkan jadwal, perangkat rumah pintar, sampai panggilan cepat.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan