Cara buka WhatsApp di smartphone jadul tanpa aplikasi

Whatsapp di smartphone jadul memang tidak bisa digunakan lagi, khususnya untuk yang menggunakan sistem operasi generasi pertama, macam Android di bawah versi 2.3 atau versi awal iOS 7. Walaupun sebenarnya bisa diakali.

WhatsApp dikabarkan bakal hentikan layanan pada iPhone dan  smartphone berbasis Android mulai 1 Februari 2020. Kebijakan ini bukan hanya untuk iPhone dan Android, beberapa bulan yang lalu WhatsApp juga mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan layanan pada ponsel Windows 10 pada 14 Januari 2020.

Nah, kalau kita kebetulan memiliki smartphone dengan sistem operasi tersebut, memang WhatsApp tidak akan berfungsi lagi tapi bukan berarti kita benar-benar tidak bisa memakainya. Ini ada beberapa cara untuk kamu bisa menggunakannya di smartphone jadul kamu.

1. Pakai Browser

Pertama, walaupun hape kamu jadul, bukan berarti kamu tidak memiliki aplikasi lainnya, seperti browser. Nah, tinggal gunakan browser kamu itu untuk mengakses WhatsApp Web. Bisa menggunakan Chrome, Opera, atau browser bawaan di smartphone kamu. Bisa juga dengan Safari di iPhone.

2. WhatsApp Web

Buka WhatsApp Web di browser smartphone jadul kamu. Untuk tampilan pertama, mungkin akan keluar tampilan mobile WhatsApp. Untuk menyiasatinya, buka menu pengaturan browser yang ada di sudut kiri atas layar. Nanti akan muncul popup dan pilih Desktop Version.

3. Scan barcode

Untuk langkah yang satu ini, butuh bantuan smartphone orang lain agar bisa melakukan scan barcode. Kamu bisa meminjam smartphone keluarga yang memiliki dual sim. Di situ kamu bisa aktifkan dahulu akun WhatsApp dengan smartphone lain tersebut untuk melakukan scan QR code yang muncul di browser smartphone jadul kamu.

4. Nah, tinggal nikmati deh kamu Whatsapp-an pakai handphone jadul kamu.

Oia, walaupun kamu udah ga bisa pakai aplikasi WhatsApp di smartphone jadul kamu, atau merasa repot menggunakan whatsapp web, lebih baik smartphone-nya yang di-upgrade. Jangan pernah mendownload aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas, yang mengiming-imingi Whatsapp. Ini akan menjadi ancaman buat smartphone kamu di masa depan karena keamanannya dipertanyakan.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.