Kenali tanda-tanda nomor ponsel dibajak orang, seperti yang dialami Ilham Bintang

SIM Swap Fraud sedang ramai dibicarakan setelah wartawan senior Ilham Bintang menjadi korban. Kartu SIM selular miliknya dibajak orang dan diambil alih, kemudian data-datanya diambil, termasuk rekeningnya ratusan juta dikuras.

SIM Card di dalam smartphone kita memang ukurannya kecil, namun kemampuannya luar biasa. Chip plastik itu ternyata berisi data-data pribadi, termasuk akses ke nomor rekening perbankan. Makanya hacker mengincar kartu sim selular untuk bisa menguras tabungan kita.

Hacker menyadari jika SIM Card merupakan titik akses yang penting yang harus dikuasai untuk bisa menjadi kaya dalam waktu cepat. Tak hanya data pribadi yang bisa dijual, atau mendapatkan akses ke akun online, tapi juga ke mobile banking korban.

Baca juga: Uninstal 17 Aplikasi Berbahaya Ini Sekarang Juga

Makanya, patut dikenali sinyal-sinyal yang terjadi jika SIM Card kamu ternyata telah menjadi korban dari kejahatan hacker dan akan diambil alih melalui metode SIM Swap fraud, atau membajak kartu sim selular milik orang lain.

Dilansir melalui cnet.com, cara terbaik untuk mengetahui jika SIM Card kamu terkena swap fraud adalah jika kamu kehilangan layanan telekomunikasi dari operator yang SIM Card-nya kamu gunakan. Bukan kehilangan sinyal tapi tak ada sama sekali layanan.

Dengan kata lain, ponsel kamu tiba-tiba tak bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS, browsing data, benar-benar tak ada layanan selular. Nah, untuk memastikannya, cek teman atau orang di dekat kamu yang menggunakan layanan operator serupa. Jika mereka masih bisa menggunakannya sedangkan hanya kamu yang tidak, fix! kamu terkena SIM Swap Fraud.

Saat SIM Card kena swap atau telah diambil alih orang lain, otomatis kartu yang kamu gunakan juga tidak aktif dan tidak bisa berfungsi lagi. Kamu pun tidak akan bisa menelepon maupun mengirim SMS.

Nah, saat sudah sadar bahwa kamu terkena SIM swap fraud, langsung hubungi operator telekomunikasi yang kamu gunakan itu. Karena kartu kamu tak berfungsi, gunakan nomor lain atau nomor fixed line. Beritahukan jika kamu sama sekali tidak melakukan perubahan kartu.

Jangan pernah menunggu untuk menelepon. Semakin lama kamu bertindak, semakin banyak kerugian yang kamu alami nantinya.

Kalau kamu lebih dulu melakukan tindakan untuk menelepon ke bank yang kamu gunakan, bisa jadi pihak perbankan tidak akan percaya karena nomor kamu sudah lebih dulu diambil alih oleh pelaku. Oleh karena itu, sangat penting untuk menelepon operator penerbit SIM Card terlebih dahulu.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.