Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    5 Cara bikin baterai smartphone kamu lebih tahan lama

    Bikin smartphone tahan lama sebenarnya banyak caranya. Semua pengguna smartphone setuju jika baterai pada perangkat genggam mereka merupakan hal yang sangat penting agar bisa tetap aktif.

    Dari berbagai smartphone yang ada belakangan, rata-rata kapasitasnya hanya sekitar 4000 mAh dengan daya tahan sampai 30 jam. Ada juga yang 5000 mAh namun harganya bisa tergolong mahal., dengan daya tahan 48 jam.

    Nah, berikut ini kami berikan lima cara yang bisa kamu lakukan untuk bikin smartphone tahan lama.

    1. Analisa penggunaan baterai

    Untuk bisa menghemat baterai, kamu harus memahami aplikasi mana saja yang memakan baterai besar dan cepat membuat baterai low. Di antaranya pasti ada aplikasi game. Untuk mengeceknya, coba masuk ke pengaturan > baterai. Bagi pengguna iPhone, bisa masuk ke battery usage information, sedangkan pengguna Android harus men-tap ‘Battery Usage’ agar bisa melihat aplikasi sesuai dengan tingkat konsumsi baterai.

    Jika sebuah aplikasi berada di level paling atas karena kamu sering menggunakannya, cobalah kurangi frekuensinya ketika kamu ingin memperpanjang daya tahan baterai.

    2. Minimalisir notifikasi

    Tahukah kamu, setiap kali notifikasi muncul di layar, ada penggunaan baterai untuk energi memunculkan notifikasi itu. Malah banyak notifikasi tidak penting yang fitur notifikasinya aktif. Salah satu cara untuk menghemat baterai bisa dengan menonaktifkan notifikasi yang dianggap tak penting itu.

    Caranya, untuk pengguna iPhone, buka pengaturan > notifikasi lalu sentuh nama aplikasi yang ingin kamu hentikan notifikasinya. Sedangkan bagi pengguna Android, buka pengaturan > Suara dan Notifikasi > Notifikasi Aplikasi.

    Notifikasi yang penting menurut kami hanyalah panggilan dan pesan instan.

    3. Putus sambungan yang tak dibutuhkan

    Selain notifikasi, ternyata penggunaan konektivitas jaringan juga memakan baterai yang cukup rakus. Misalnya penggunaan jaringan 4G, 3G, Bluetooth, sampai wifi. Jadi ketika tidak digunakan, maka nonaktifkan semua jaringan tersebut

    Oia, untuk penggunaan wifi, pastikan di area yang kamu tempati memiliki wifi yang terkoneksi dengan perangkat kamu. Jika tidak, nonaktifkan wifi di smartphone kamu. Pasalnya perangkat  kamu akan terus menerus mencari sinyal wifi, sampai akhirnya menguras energi baterai dan berujung low-bat.

    4. Sesuaikan segala pengaturan

    Pengaturan di smartphone kamu bisa disesuaikan sedemikian rupa, termasuk layar. Jika layar smartphone kamu terus menerus dalam kondisi terang maksimal, ini juga akan mempengaruhi daya tahan baterai karena konsumsinya sangat besar. Buatlah layar kamu memiliki keterangan yang otomatis. Artinya, jika berada di kondisi banyak cahaya maka layar akan meredup, demikian sebaliknya.

    Untuk iPhone, geser layar ke atas, lalu lihat ada ikon untuk menambah dan mengurangi kecerahan layar. Sedangkan untuk Android, geser layar dari atas ke bawah, lalu ada indikator berupa garis untuk mengatur kecerahan layar. Makin ke kiri, layar makin meredup. Begitu juga sebaliknya.

    5. Low power mode

    Untuk yang satu ini merupakan andalan agar bisa menghemat baterai seharian. Mode daya rendah ini akan membuat smartphone kamu berhenti mengonsumsi daya secara barbar, mulai dari penggunaan aplikasi, jaringan, sampai layar. Jadi sekali kamu aktifkan, semua konsumsi daya akan dikurangi.

    Caranya, masuk ke Pengaturan lalu ke Battery. Di situ ada kolom Battery Saver.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json