Friday, 18 June 2021
More

    Latest Posts


    [Video] Google Envelope, kertas ajaib untuk detox agar tak kecanduan smartphone

    Google Envelope bisa menolong kita yang kencanduan smartphone? Percaya? Kalau ditanya, dalam sehari berapa lamu kamu menghabiskan waktu menggunakan smartphone? Pasti jawabannya tidak terhitung. Nah, kamu sadar ga kalau kamu sudah kecanduan?

    Mungkin sudah saatnya kita semua melakukan detox teknologi, tentunya dengan teknologi yang agak tradisional. Yap, sebuah kertas bisa mengubah kebiasaan kamu menggunakan smartphone sehari-hari. Namanya Google Envelope.

    Google Envelope merupakan salah satu proyek eksperimental yang dibuat oleh divisi lab dan uji coba Google, Wellbeing Project. Sama sepertinya namanya, Envelope, tugasnya untuk membungkus atau menyembunyikan.

    Cara pakainya, tinggal masukkan smartphone ke dalam kertas tersebut. Nantinya, kamu masih bisa menggunakan smartphone tapi terbatas hanya untuk beberapa fitur saja. Misalnya menerima dan melakukan panggilan telepon, memotret atau merekam video.

    Sudah. Itu saja. Selebihnya tidak.

    Untuk menelepon ada tombol numerik yang terlukis di atas kertas tersebut. Saat nomor-nomor itu disentuh, tombol tersebut akan menyala. Ada tiga titik lubang di atas numerik keypad itu. Sepertinya untuk speaker agar suara yang keluar terdengar.

    Nah, untuk memotret dan merekam video, di balik kertas itu juga ada tombol tersendiri. Tinggal pencet saja, mau foto atau video. Di bagian paling atas ada sudut yang dibiarkan terbuka, yakni untuk mengeluarkan lensa kamera dan sensor fingerprint.

    Google Envelope

    Google membuat Envelope ini ternyata bukan tanpa tujuan. Memang kelihatannya sepele namun dari sini kita bisa tahu, seberapa tidak tahannya kita jika smartphone yang digunakan hanya bisa untuk menelepon dan memfoto?

    “Banyak orang yang merasa mereka menghabiskan banyak waktu di smartphone. Mereka juga kesulitan untuk menemukan keseimbangan antara menjalani hidup tanpa dan dengan teknologi. Ide ini adalah untuk mencari tahu seberapa lama kita bisa bertahan keluar dari kebiasaan bergantung pada teknologi smartphone,” kata Google.

    Envelope ini akan terkoneksi dengan aplikasi. Aplikasi itu akan menghitung seberapa lama kita mampu bertahan menggunakannya. Saat Envelope dibuka maka layar smartphone akan langsung memperlihatkan durasi yang telah kita lalui saat menggunakan Envelope.

    Jadi bisa ketahuan, kecanduan terhadap smartphone atau tidak kita selama ini.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR