Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    3 penemuan Google biar kamu ga kecanduan main smartphone

    Kecanduan smartphone memang bukan penyakit yang berbahaya saat ini namun jika terus menerus mengandalkan smartphone, bayangkan bagaimana kualitas hidup kita ke depannya? Google menyadari hal ini dan tidak ingin masyarakat berlama-lama pakai smartphone.

    Mereka pun membuat beberapa aplikasi yang dipercaya bisa mengurangi kecanduan smartphone pada pengguna. Setidaknya bisa tahu seberapa lama kita menghabiskan waktu dengan telepon genggam dan tidak mengurus diri kita sendiri sebagaimana mestinya.

    Penemuan ini dibuat oleh divisi lab Google, Digital Well-Being, bertujuan untuk lebih mengapresiasi diri kita dan sedikit waktu menggunakan smartphone. Membuat kita lebih baik. Berikut 3 penemuan Google yang bisa kita gunakan untuk mengukur kecanduan tersebut.

    Activity Bubbles

    Ini merupakan aplikasi sederhana. Awalnya hanya berupa background layar smartphone yang berwarna hitam. Namun saat smartphone dibuka kuncinya, maka satu persatu gelembung-gelembung akan keluar, tergantung berapa lama kamu menghabiskan waktu di smartphone dan berapa lama kamu berinteraksi. Semakin lama, gelembung akan semakin penuh, mirip dengan permainan Tetris.

    Idenya, di akhir hari, kamu bisa melihat seberapa banyak gelembung yang kamu lihat di layar. Jika hampir penuh, itu artinya kamu terlalu banyak menghabiskan waktu kamu di smartphone.

    Screen Stopatch

    Aplikasi kedua ini lebih menyeramkan. Idenya sama dengan gelembung tadi namun kali ini bentuknya dibuat lebih ekstrim, sebuah jam. Lebih tepatnya stopwatch. Jam ini akan mulai menghitung saat kamu membuka kunci layar smartphone dan akan berhenti saat ponsel dalam keadaan standby.

    Jadi durasi kamu memainkan jari di atas smartphone itu sudah terpampang nyata dengan besarnya angka-angka yang tertera di layar itu.

    Envelope

    Google Envelope

    Seperti yang sudah pernah kami beritakan, Google Envelope merupakan sebuah kertas ajaib yang bisa berubah menjadi smartphone, tapi mengubah smartphone menjadi tak bisa apa-apa. Cara pakainya, tinggal masukkan smartphone ke dalam kertas tersebut.

    Nantinya, kamu masih bisa menggunakan smartphone tapi terbatas hanya untuk beberapa fitur saja. Misalnya menerima dan melakukan panggilan telepon, memotret atau merekam video. Selebihnya tidak.

    Sudah siapkah kamu melakukan detox smartphone?

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json