Apa itu Refresh Rate 60 Hz, 90 Hz, dan 120 Hz di smartphone?

Refresh rate smartphone 120Hz belakangan menjadi perbincangan yang menarik sejak adanya rumor kemunculan Samsung Galaxy S20. Ini merupakan istilah lama, namun baru popular. Kira-kira itu apa sih?

Belakangan kita sadari bahwa smartphone semakin hari semakin powerful. Banyak vendor yang berlomba membuat smartphone dengan daya tahan lama, layar yang lebih jernih, kamera yang semakin besar resolusinya, bahkan display yang semakin mulus dan responsif. Nah, untuk yang terakhir ini ternyata butuh yang namanya refresh rate.

Sejumlah pabrikan sudah mengabarkan bahwa mereka sedang membuat smartphone yang dilengkapi refresh rate. Ada yang 60 Hz, 90 Hz, sampai 120 Hz. Lalu apa ngaruhnya varian refresh rate seperti itu?

Sebelum masih ke angka-angka itu, kita akan menjelaskan lebih dulu, apa itu refresh rate. Ini merupakan salah satu istilah dalam cara kerja layar/display. Layar bekerja dengan menunjukkan serangkaian gambar atau frame. Untuk membuat video, mereka menampilkan serangkaian frame secepat mungkin sehingga seolah bergerak tanpa henti.

Nah, refresh rate adalah dalam sebuah monitor atau layar adalah istilah seberapa sering gambar-gambar itu diperbaharui setiap detik. Jadi, untuk refresh rate 60 Hz artinya, layar me-refresh gambar 60 kali per detik. Terlalu cepat memang, bahkan buat otak kita mendeteksi.

Refresh rate dan GPU

Refresh rate yang lebih tinggi berarti lebih banyak gambar yang ditampilkan dalam jumlah dan waktu yang sama, yang berarti setiap gerakan di antara setiap frame tampak lebih halus. Karena ada lebih banyak frame, justru mengurangi kesenjangan masing-masing.

Mungkin memang banyak yang merasa tidak penting, bahkan tidak menyadari bedanya. Tapi banyak pengguna yang kerap merasakan bedanya. Semakin tinggi refresh rate, semakin mulus pergerakan gambar di layar, dan merasa lebih responsif karena layar bereaksi lebih cepat terhadap perintah pengguna.

admin sosmed ratu elizabeth

Kedengarannya memang mirip dengan frame rate pada GPU (prosesor grafis), ya memang. Kalau frame rate diukur dalam frame-per-second atau ‘fps’, itu adalah seberapa cepat prosesor grafis dapat memproses dan mengirimkan satu gambar ke layar. Intinya dibutuhkan monitor dengan refresh rate minimal 120Hz untuk menampilkan 120 fps.

Namun, meskipun refresh rate mirip dengan fps, itu bukan hal yang sama. Refresh rate terkait dengan monitor itu sendiri, sedangkan frame rate adalah seberapa cepat informasi dikirim ke monitor oleh prosesor grafis.

Biasanya refresh rate tinggi dibutuhkan untuk ponsel-ponsel gaming, seperti Rezer Phone atau Asus ROG Phone. Namun jika refresh rate besar, harus dibarengi dengan kapasitas baterai yang besar pula karena refresh rate terbukti menguras baterai. Makanya, tidak heran jika smartphone dengan refresh rate harganya mahal-mahal.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.