Sunday, 20 June 2021
More

    Latest Posts


    Tips jika perangkat smartphone terendam air, water damage

    Smartphone terendam air di musim hujan merupakan kasus yang sering terjadi belakangan ini. Tidak semua orang terkadang siap menghadapi musim hujan dan menyiapkan peralatan untuk perjalanan. Namun selalu ada solusi untuk semua masalah.

    Saat smartphone terendam banjir, membongkar baterai bukan lagi hal yang mungkin dilakukan. Pasalnya, hampir semua smartphone baterainya tidak bisa dilepas. Makanya ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk pertolongan pertama saat smartphone terendam air.

    Berikut tipsnya,

    1. Matikan ponsel segera

    Ketika sadar bahwa smartphone terendam air, jangan lagi berpikir panjang. Segera matikan smartphone tersebut. Jangan langsung menggunakan atau mengaktifkan smartphone. Matikan daya ponsel terlebih dahulu untuk menghindari konsleting atau arus pendek di ponsel yang dapat menyebabkan ponsel mati total.

    2. Keringkan

    Bagian pertama yang bisa kamu bersihkan sudah pasti adalah bagian luar. Dengan demikian, keringkan lebih dulu bagian luar smartphone dengan menggunakan kain lap kering. Dengan demikian, air yang berada di dalam akan kelihatan keluar jika memang masih ada yang tersisa, saat dikeringkatn perlahan.

    3. Hair dryer.

    Untuk bagian lubang jack 3,5 mm dan lubang konektor charger ataupun speaker, proses pengeringan bisa dilakukan dengan bantuan alat pengering. Gunakan hair dryer atau pengering rambut.

    Cara menggunakannya, hair dryer harus berada hanya pada suhu rendah dan kecepatan rendah, atur jaraknya agar tidak terlalu dekat dengan ponsel. Pastikan seluruh cairan di dalam maupun di luar smartphone sudah kering.

    4. Don’t be a MacGyver

    Jangan membongkar ponsel sendiri. Ingat, kamu bukan MacGyver. Pastikan segera bawa ke service center terdekat agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh teknisi ahli.

    Nah, bagi pengguna smartphone Oppo yang menjadi korban terdampak banjir, kamu bisa langsung membawanya ke service center Oppo terdekat, khususnya di wilayah yang beberapa waktu lalu mengalami bencana banjir. Seperti wilayah Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat.]

    Melalui program Oppo We Care, diberikan diskon sebanyak 10 persen untuk penggantian sparepart dan garansi resmi. Ada juga hadiah cuma-cuma berupa casing anti-air.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR