Waspada Virus Corona, begini cara pakai masker yang benar menurut WHO

Cara pakai masker yang benar salah satu upaya mencegah virus Corona. Virus Corona sekarang sudah menyebar dengan cepat. Indonesia memang belum ada yang terjangkit, namun ada baiknya kita waspada. Cara waspada terbaik adalah dengan menggunakan masker kemanapun.

Masker digunakan karena virus corona memiliki gejala mirip dengan orang sakit flu. Ada demam, batuk dan hidung yang kerap meler (keluar ingus). Bahkan berujung dengan sesak nafas.

Virus ini bisa menular antarmanusia sehingga yang dibutuhkan adalah pencegahan. Nah, karena masker cukup penting, kita juga harus tahun bagaimana menggunakan masker yang benar.

Berikut ini adalah penjelasan cara pakai masker yang benar menurut ahli dari Badan Keseharan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Menurut Seto Wing Hong dari WHO Collaborating Centre, penggunaan masker memang cukup penting dan kerap berhasil dalam mencegah masuknya penyakit yang ditularkan dari manusia ke manusia. Namun memang masih banyak yang salah menggunakan.

Pertama yang harus dilakukan adalah mencari masker yang benar. Yakni yang dibuat dengan menggunakan dua bahan berbeda dan dijahit menjadi satu. Satu sisi dibuat berwarna sedangkan sisi lainnya berwarna putih.

Dijelaskan Hong, sisi yang berwarna itu adalah sisi depan karena sifatnya yang waterproof atau tahan air. Sedangkan di sisi lainnya berwarna putih, karena sisi itu bisa meresap.

β€œKalian harus menggunakannya dengan benar. Sisi yang berwarna harus berada di luar. Sedangkan putih harus berada di dalam,” katanya.

Kedua adalah mencari sisi atas atau bawah. Sisi atas biasanya dilengkapi dengan sebuah kawat di dalamnya. Sisi yang berkawat itu harus berada di atas hidung.

β€œSaat dipasang menutup hidung dan wajah, kawat itu harus ditekan sesuai dengan kontur hidung. Ini bertujuan agar masker menutup sempurna dan tak menyisakan celah yang terbuka antara hidung dan pipi,” ujar Hong.

Lalu, langkah berikutnya adalah menarik bagian bawah masker sehingga menutup dagu. Jangan pernah menurunkan masker dari hidup, seolah hanya mulut yang tertutup. Hong menegaskan jika masker harus menutup hidung dan mulut sampai ke dagu.

Berikutnya, kata Hong, jangan pernah melepas masker lalu menempelkannya di leher. Atau menggunakan kembali masker yang sudah dilepaskan. Buang masker dengan memegang tali yang melingkar di kuping. Jangan memegang sisi masker yang berwarna.

β€œJika sudah digunakan, masker tersebut kita anggap sudah kotor. Setelah lepas, buang masker tersebut, lalu cuci tangan anda,” kata Hong.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.