Friday, 18 June 2021
More

    Latest Posts


    Menang Grammy, hati-hati unduh lagu Billie Ellish, Ariana Grande, dkk

    Billie Ellish telah berhasil memboyong banyak penghargaan saat Grammy Award berlangsung beberapa waktu lalu. Memang hal yang menyenangkan bagi Billie Ellish karena itu merupakan bukti bahwa lagunya banyak disukai orang. Namun ternyata oknum hacker malah menyalahgunakan nama Ellish.

    Hal ini diungkap oleh peneliti keamanan siber dari Kaspersky. Mereka menunjukkan jika nama para nominasi artis dan judul lagu di penghargaan Grammy sering digunakan untuk penyamaran malware. Puluhan ribu file berbahaya disebar dengan nama para artis itu, termasuk Billie Ellish.

    Kaspersky menemukan 30.982 file berbahaya yang menggunakan nama-nama artis atau jejak mereka untuk menyebarkan malware, dengan 41.096 pengguna produk Kaspersky telah menemukannya,” ujar Anton Ivanov, analis keamanan Kaspersky.

    Menurut Anton, analisis pada artis yang dinominasikan menunjukkan bahwa nama-nama Ariana Grande, Taylor Swift dan Post Malone paling banyak digunakan untuk menyamarkan file berbahaya. Dengan lebih dari setengah file berbahaya terdeteksi dinamai dengan nama mereka.

    “Jumlah upaya untuk mengunduh atau menjalankan file yang berisi nama-nama bintang pop ini juga tumbuh secara signifikan pada hampir semua artis dalam penelitian,” katanya.

    Sedangkan terkait Billie Ellish, Anton menunjukkan ada kaitan antara peningkatan popularitas dan aktivitas berbahaya yang muncul dengan sangat jelas. Dalam kasus artis baru seperti Billie Eilish, penyanyi remaja ini menjadi sangat populer pada tahun 2019, dan jumlah pengguna yang mengunduh file berbahaya dengan namanya telah meningkat hampir sepuluh kali lipat dibandingkan tahun 2018.

    “Angka unduhan file berbahaya dengan nama Billie Ellish meningkat 10 kali lipat, dari 254 menjadi 2171, dan untuk jumlah file berbahaya yang didistribusikan meningkat dari 221 menjadi 1.556,” katanya.

    Fenomena ini tidak terkecuali bagi artis yang lebih senior seperti Lady Gaga, yang namanya juga digunakan untuk penyamaran malware dan bahkan mengalami peningkatan serangan dalam setahun terakhir.

    Kaspersky juga menganalisis sejumlah rekaman dan lagu yang dinominasikan untuk Grammy pada tahun 2019, yang paling mendapat perhatian dari para pelaku kejahatan siber. Dia ntaranya adalah ‘Sunflower’ Post Malone, ‘Talk’ Khalid, dan ‘Old Town Road’ Lil Nas X, memimpin daftar lagu-lagu dengan serangan malware paling banyak.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR