Kenalin Cloi, robot pelayan di restoran Korea

1
Cloi robot pelayan restoran

Cloi, nama sebuah pelayan restoran. Kami menyebutnya sebuah karena dia bukan manusia melainkan robot. Nama panjangnya Cloi ServeBot, robot pelayan restoran.

Ini merupakan robot yang dikembangkan oleh LG Electronics. Cloi adalah sebuah robot yang bisa menggantikan fungsi manusia sebagai pelayan restoran. Mereka sudah digunakan untuk menjadi pelayan di sebuah restoran di Seoul, Korea Selatan.

Dilansir Gadgetdiva melalui ZDNet, Cloi bisa membawa dan mengantarkan empat nampan makanan sekaligus kepada konsumen di restoran itu. Mereka bisa berjalan tanpa harus dituntun, dan tentunya bisa menghindari penghalang saat mereka sedang berjalan.

Cloi robot pelayan restoran

Tak hanya itu, pelayan Cloi bisa juga mengambil piring dan gelas kotor di meja bekas konsumen. Mereka mengumpulkannya kemudian membawa semua itu ke dapur dan mesin cuci.

Kepalanya terbuat dari layar tablet. Di layar itu, wajahnya bisa tergambar dengan jelas dengan berbagai ekspresi. Mereka akan tersenyum saat melayani konsumen, atau meminta maaf atau permisi saat ada orang yang menghalangi jalan.

Saat berada di jalan, dia akan memainkan musik sebagai pemberitahuan akan kedatangannya.

Namun menurut LG, robot ini tidak akan menggantikan fungsi pekerja manusia. Dia hanya akan menjadi tenaga kerja tambahan jika pelayan sedang sibuk dan banyak pengunjung restoran. Dia bisa membantu pelayan manusia membawa makanan panas atau membawa nampan dengan makanan yang banyak.

cloi robot pelayan restoran

Restoran pertama yang mengadopsi Cloi adalah Cheiljemyunso milik CJ Foodville. Ini merupakan restoran franchise mie yang berada di pinggiran kota Seoul.

LG dan CJ memang telah berkolaborasi sejak April tahun lalu untuk mengembangkan robot yang akan diaplikasikan di berbagai restoran.

November lalu, mereka mengerahkan robot pembuatan mie di franchise milik CJ. Pada bulan yang sama, mereka juga meluncurkan robot perawat di Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul untuk membantu merawat anak-anak di ICU.

LG mengatakan mereka juga mengembangkan robot untuk keperluan industri dan rumahan ke depannya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan