Cara membuat gambar GIF dari video Youtube

Tren penggunaan GIF lumayan banyak digunakan, khususnya oleh pengguna media sosial dan pesan instan. Cara membuat Gif juga gampang. Format GIF rata-rata digunakan untuk membuat stiker guna merespons percakapan dengan singkat dan jelas.

Ternyata cukup mudah untuk membuat GIF jika kamu tahu tools yang tepat untuk dilibatkan. Rata-rata gambar GIF paling banyak dibuat dengan menggunakan gambat Youtube. Pembuatannya pun gampang, hanya hitungan detik.

Digital Trends mencoba menolong kamu untuk memberikan langkah-langkah yang tepat dalam membuat GIF dari Youtube.

Pertama adalah dengan menentukan tema respons apa yang ingin kamu jadikan format GIF. Cari respons atau kata-kata balasan yang ingin kamu jadikan GIF.

Baca juga: Apa sih Mode Incognito?

Kedua, masuk ke web Youtube lalu cari video yang kira-kira sesuai atau bisa menggambarkan respons GIF yang kamu inginkan. Jangan lupa, jika sudah ketemu video yang sesuai, copy URL.

Ketiga, sesudah meng-copy video di Youtube yang ditargetkan, bukalah browser dan masuk ke laman GIFs.com. Paste url Youtube yang telah kamu copy ke kotak putih di sebelah kiri halaman. Nantinya link itu akan langsung terdeteksi.

Jika video dari copy link itu tidak keluar, klik saja tombol Create. Bisa juga meng-upload video buatan sendiri di sini, tak harus Youtube.

Oia, kamu juga bisa meng-upload video buatan kamu sendiri melalui tombol Upload.

Jangan lupa, hapus dulu iklan yang muncul di video itu, jika ada. Klik saja X yang ada di ujung atas iklan. Kalau tidak, saat gif berhasil terbuat, iklan itu akan muncul.

Lalu arahkan kursor ke bawah video, click timeline dan pilih kapan GIF akan dimulai dan berakhir, melalui garis berwarna biru.

Durasi lama atau sebentar bisa kamu buat untuk GIF tersebut. Namun ingat, semakin lama durasi GIF semakin besar ukuran file-nya. Bahkan beberapa aplikasi memberikan batasan ukuran untuk GIF.

Twitter, misalnya, memiliki batas GIF 5MB di perangkat seluler, dan 15MB di desktop, meskipun ukuran terakhir itu dianggap sangat besar untuk GIF.

Keempat, tambahkan beberapa efek, keterangan, atau stiker jika mau. Kita juga dapat memotong gambar, serta menambahkan efek lain seperti blur, padding, dan lainnya yang mungkin sesuai dengan meme baru, atau hanya membuat gambar lebih mudah untuk ditonton.

Kalau dirasa sudah selesai, klik Create GIF di sudut kanan atas.

Mungkin perlu beberapa waktu untuk menunggu hasilnya, terutama jika membuat GIF yang panjang. Jadi bersabarlah.

Kelima, kamu akan diarahkan ke halaman untuk membuat judul GIF. Tidak lupa juga untuk membuat Tag, jika memang kamu rasa itu penting.

Terakhir, kamu akan diberikan pilihan apakah ingin mendownload GIF tersebut, meng-embed atau membaginya dengan orang lain.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.