Sunday, 20 June 2021
More

    Latest Posts


    Begini cara aman gunakan aplikasi kencan di Hari Valentine

    Memasuki digitalisasi yang membuat komunikasi merupakan aspek dalam hidup yang paling berubah terutama dalam kehidupan percintaan di Hari Valentine, para lajang dan yang memiliki pasangan sama-sama memiliki rencana untuk merayakannya. Biasanya di antara mereka mungkin membutuhkan pilihan lain dalam upaya menemukan teman melalui aplikasi kencan.

    Tapi, para pengguna aplikasi kencan seperti Tinder dan Badoo yang populer harus tau, nih, aplikasi kencan ternyata sering menjadi umpan yang digunakan untuk menyebarkan malware seluler atau mengambil data pribadi, lho!

    Kejahatan itu berlanjut dengan membombardir pengguna melalui iklan yang tidak diinginkan atau bahkan menghabiskan uang mereka untuk melakukan langganan berbayar yang mahal. File tersebut tidak ada hubungannya dengan aplikasi yang sah, karena mereka hanya menggunakan nama dan terkadang desain layanan kencan otentik.

    Analisis malware menggunakan lebih dari 20 nama aplikasi kencan populer dan kata kunci ‘dating’ menunjukkan sebanyak 1963 file unik telah disebar pada tahun 2019 dengan kedok aplikasi yang sah.

    Khususnya, dua pertiga dari mereka menyamar sebagai Tinder (1262 file) dan keenam lainnya berkaitan dengan Badoo (263 file), keduanya adalah aplikasi kencan yang diakui di seluruh dunia.

    Nah, bahaya yang dibawa oleh file-file berbahaya ini dapat bervariasi, mulai dari Trojan yang dapat mengunduh malware lain dan mengirimkan SMS dengan biaya mahal, adware, sehingga pengguna dapat terganggun dengan pemberitahuan iklan.

    Berdasarkan jumlah pengguna Kaspersky yang diserang, pengguna bisa cegah dengan mengetahui peringkat 10 besar nama-nama yang terdeteksi seperti dibawah ini:

    1 HEUR:Trojan.AndroidOS.Hiddapp.ch
    2 HEUR:Trojan.AndroidOS.Boogr.gsh
    3 UDS:DangerousObject.Multi.Generic
    4 not-a-virus:HEUR:AdWare.AndroidOS.MobiDash.z
    5 not-a-virus:HEUR:AdWare.AndroidOS.Mobidash.ai
    6 not-a-virus:HEUR:RiskTool.AndroidOS.Frime.a
    7 HEUR:Trojan-SMS.AndroidOS.Opfake.a
    8 not-a-virus:HEUR:RiskTool.AndroidOS.Dnotua.ixj
    9 not-a-virus:HEUR:AdWare.AndroidOS.Mobidash.ag
    10 UDS:DangerousObject.AndroidOS.GenericML

    Jumlah klik versi phising dari situs PeopleMedia dalam bentuk statistik yang terdeteksi oleh produk Kaspersky juga menunjukkan bahwa minat terhadap topik “cinta” memang meningkat menjelang Hari Valentine. Misalnya, jumlah klik pada versi phishing dari situs PeopleMedia meningkat sebanyak dua kali lipat dalam waktu hampir sebulan sebelum Hari Valentine.

    Untuk menghindari risiko dunia maya pada hari Valentine, Kaspersky merekomendasikan pengguna untuk selalu periksa izin aplikasi untuk melihat apa yang dapat dilakukan oleh aplikasi yang di pasang. kemudian jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya, bahkan jika mereka diiklankan secara aktif, dan lakukan pemblokiran instalasi program dari sumber yang tidak dikenal dalam pengaturan ponsel cerdas pengguna.

    Pengguna juga harus mencari tahu informasi lebih lanjut tentang situs web kencan yang akan dikunjungi. Teliti jejak reputasinya di internet dan coba temukan komentar dari para pengguna. Menggunakan solusi keamanan yang dapat diandalkan seperti Kaspersky Security Cloud yang memberikan perlindungan canggih pada Mac, serta pada PC dan perangkat seluler.

    Nah, yang terakhir, untuk menggunakan aplikasi kencan dengan aman, Kaspersky merekomendasikan pengguna untuk menghindari berbagi informasi pribadi terlalu banyak dengan orang asing. Pengguna juga harus memastikan bahwa orang yang ditemui adalah nyata, karena penipu sering menggunakan profil palsu untuk melancarkan aksinya.

    Vladimir Kuskov, selaku Head of Advanced Threat Research and Software Classification, Kaspersky mengutarakan, “Cinta adalah salah satu topik yang menarik minat orang secara universal, dan, tentu saja, itu berarti bahwa penjahat siber juga akan berada di sana.”

    Vladimir juga melanjutkan bahwa kencan online telah membuat hidup kita jauh lebih mudah dan sebelumnya tidak diketahui apa saja risiko didalamnya. Pihaknya menyarankan pengguna untuk tetap memperhatikan dengan seksama dan menggunakan aplikasi sah yang tersedia di toko aplikasi resmi.

    Baca juga, Niat cari jodoh, akun Sharon Stone dihapus aplikasi kencan

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR