5 cara praktis untuk membersihkan Instagram kamu

2
Download video Instagram

Aplikasi Instagram merupakan wadah untuk paradiva membagikan postingan foto maupun video kepada pengikut akun kamu serta memperoleh informasi dari pengguna Instagram lainnya. Instagram juga bisa memudahkan berbagai aktivitas dengan cepat, mulai dari berkenalan dengan akun lain, berjualan, dan juga bertukar informasi.

Sayangnya, semua aktivitas kamu menggunakan aplikasi Instagram ini tidak selalu menyenangkan, bukan? Ketika paradiva memiliki akun Instagram, mungkin sebagian dari kamu merasa jengkel dengan akun lain yang tidak kamu kenal, bahkan mengganggu aktivitas menggunakan aplikasi ini.

Nah, paradiva gak perlu resah, ya! Dibawah ini ada beberapa cara praktis untuk membersihkan Instagram kamu, nih, mulai dari menghapus foto jadul sampai menghapus akun yang tidak kamu kenal. Simak, yuk!

Berhenti mengikuti akun yang gak pernah berinteraksi dengan kamu

Biasanya paradiva mengikuti lebih banyak akun daripada yang seharusnya. Menjadikan banyak sampah untuk melihat apa yang kamu minati bakal buang-buang waktu kamu, jadi kamu harus mulai dengan berhenti mengikuti beberapa akun.

Untuk membantu dengan ini, Instagram sekarang menunjukkan akun mana yang jarang berinteraksi dengan kamu. Lihatlah dengan mengklik ikon Profil di kanan bawah Instagram untuk menunjukkan profil kamu. Lalu, klik Mengikuti untuk melihat daftar semua orang yang kamu ikuti.

Di bagian atas daftar, kamu bakal melihat Kategori, termasuk kategori “Paling Tidak Berinteraksi” dan “Paling Banyak Ditunjukkan dalam Umpan”. Daftar ini akan mengungkapkan akun yang postingnya jarang kamu sukai atau komentari, dan akun mana yang sering berinteraksi.

Paradiva dapat menggunakan ini sebagai panduan, seperti siapa yang berhenti mengikuti kamu di Instagram. Hal yang sama berlaku untuk posting akun yang lebih sering diperlukan.

Hapus atau Arsipkan Foto-Foto Lama

Paradiva harus melihat-lihat halaman dan mempertimbangkan menghapus atau mengarsipkan beberapa foto seperti mengunggah foto bertahun-tahun lalu yang berkualitas rendah. Menghapus ini dari halaman, kamu bakal menampilkan konten terkuat pada akunmu.

Untuk menghapus foto, pilih di halaman kamu, dan tekan tombol Menu tiga titik di kanan atas posting. Pilih Hapus dan konfirmasi pilihan kamu. Melakukan ini akan menghapus foto dan semua informasi terkait secara permanen tanpa opsi untuk memulihkannya, jadi pastikan kamu yakin sebelum menghapus.

Saat kamu mengarsipkan foto atau video (tersedia dari menu yang sama), kiriman menghilang dari profil publik kamu. Namun, paradiva masih dapat melihat posting yang diarsipkan, kok!

Klik tombol “Menu” di kanan atas halaman profil kamu, lalu pilih Arsipkan. Ubah tarik turun di bagian atas halaman ini ke Arsip Posting dan kamu bakal melihat semua posting yang diarsipkan.

Klik tombol “Menu” di sebelah foto yang diarsipkan dan pilih “Tampilkan” di Profil untuk mengembalikannya.

Perbarui Bio dan Info Pribadi Lainnya

Langkah selanjutnya yaitu memastikan info pribadi kamu benar. Kunjungi halaman profil kamu dan klik “Edit Profil” untuk menyesuaikan apa pun yang kedaluwarsa. Ini memungkinkan kamu mengubah nama, nama pengguna, tautan situs web, dan bio kamu.

Bungkam Cerita atau Posting yang Tidak penting

Kamu dapat membisukan cerita dari orang yang di ikuti tanpa menyembunyikan pos reguler mereka. Ini bagus untuk akun yang memposting puluhan cerita. Sebaliknya, kamu juga dapat membisukan posting dan menjaga cerita tetap aktif.

Untuk menonaktifkan konten dari akun, kunjungi profilnya. Klik kotak “Mengikuti” dan pilih “Bungkam” dari daftar yang muncul. Geser untuk membisukan Posting atau Cerita . Ulangi langkah ini jika kamu ingin membisukan akun.

Saat kamu membisukan cerita dari seseorang, cerita mereka akan muncul di ujung bilah atas, tidak akan menyala saat diperbarui, dan tidak akan diputar secara otomatis.

Kamu juga dapat mencegah orang tertentu melihat cerita kamu. Kunjungi halaman mereka, klik tombol menu di kanan atas, dan pilih “Hide Your Story“. Mereka kemudian tidak akan dapat melihat apa pun unggahan kamu.

Bersihkan Halaman Jelajahi

Halaman Jelajahi Instagram membantu kamu menemukan akun baru untuk diikuti. Namun, sebagian mendasarkan ini pada pencarian dan riwayat aktivitas kamu, yang berarti dapat menjadi berantakan dengan saran yang tidak relevan dari waktu ke waktu.

Jika kamu melihat sesuatu di halaman Jelajahi yang tidak kamu sukai, klik, tekan tombol “Menu” di kanan atas, dan pilih “Tidak Tertarik pada Posting Ini”. Ini akan menyembunyikan posting dari Explore dan menunjukkan lebih sedikit.

Untuk mengatur ulang halaman Jelajahi kamu, hapus riwayat pencarian dengan mengunjungi halaman profil kamu, membuka bilah sisi kanan, dan mengetuk Pengaturan. Dari sini, buka Keamanan> Riwayat Pencarian. Kosongkan masing-masing item dengan mengetuk X di sebelahnya, atau tekan Hapus semua untuk mulai segar.

Nah, dengan beberapa tips ini, akun Instagram kamu akan terlihat lebih bersih dan lebih rapi dari sebelumnya. Jika kamu masih merasa risih menggunakan Instagram, paradiva bisa menonaktifkan sementara akun Instagram kamu menggunakan langkah-langkah yang dijelaskan pada Bantuan Instagram. Ini memungkinkan kamu untuk berhenti sejenak dari Instagram tanpa menghapus semua konten kamu, lho!

Baca juga, Instagram Categories, Cari tahu siapa yang paling sedikit berinteraksi


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan