Friday, 26 February 2021
[adrotate banner="3"]

Perangi Eksploitasi Anak, Facebook Ujicoba Alat Baru di Platform

Facebook dikabarkan sedang menguji lebih banyak alat untuk membantu jejaring sosial dalam mencegah pengguna berbagi konten eksploitasi anak. Salah satunya adalah pesan pop-up yang...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Menurut riset, ini 4 tren topik percakapan di Twitter selama bulan ramadan

    Sebentar lagi, memasuki bulan ramadhan, sejumlah brand sudah mulai mempersiapkan aktivasi khusus yang dapat menjadikan mereka bagian dari percakapan para pengguna media sosial. Seperti para pengguna Twitter yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari jumlah Tweet yang terkait dengan tiga topik percakapan, yaitu makanan, konten religi, dan hiburan.

    Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesiamenyebutkan, “Twitter adalah tempat di mana orang berkumpul untuk mencari dan berbagi informasi yang sesuai dengan interest mereka. Hal ini juga terjadi di bulan Ramadan, di mana kami melihat peningkatan yang cukup signifikan dari jumlah Tweet yang terkait dengan tiga topik percakapan yaitu: makanan, konten religi, dan hiburan.”

    Menurut riset, Twitter menjadi salah satu tempat di mana masyarakat Indonesia juga banyak berbagi dan mencari berbagai informasi umum terkait bulan Ramadan, seperti makanan (60%) dan konten religi (60%), dan hiburan (48%).

    Banyaknya aktivasi online dan offline selama bulan Ramadan, sejumlah brand perlu mengambil langkah strategis agar dapat menjadikan aktivasi mereka relevan dan menjadi top of mind pengguna Twitter.

    Salah satunya adalah dengan fokus terhadap penggunaan video. Jika dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun 2018, terdapat peningkatan sebesar 148% terhadap konsumsi video di Twitter di Indonesia pada bulan Ramadan 2019.

    Terkait dengan hal ini, Twitter menganalisa percakapan di Indonesia selama setahun terakhir dan membeberkan 4 tren topik percakapan yang dapat dimanfaatkan oleh brand untuk kesuksesan aktivasi di Twitter pada bulan Ramadan mendatang.

    Tweet terkait gaming meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan

    Meningkatnya industri e-Sport juga terlihat dari volume pembicaraan tentang gaming di Twitter. Pasalnya, 73% pengguna Twitter di Indonesia bermain video games, baik itu melalui perangkat selular, desktop, maupun konsol.

    Pada tahun 2019, jika dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, percakapan tentang gaming meningkat 2x lipat di hari pertama Ramadan.

    Percakapan seputar hiburan meningkat 25% pada bulan Ramadan 2019

    Jika dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya, terjadi peningkatan 25% dalam jumlah volume Tweet atau percakapan tentang hiburan selama bulan Ramadan 2019. Sebanyak 46% pengguna di Indonesia bahkan melakukan aktivitas di Twitter saat mereka sedang menonton televisi, dan puncaknya adalah antara jam 18.00 sampai larut malam. Hal ini karena pengguna Twitter di Indonesia juga rajin mencari konten hiburan untuk menemani bulan Ramadan mereka.

    Diskusi hangat seputar olahraga 

    Selain topik gaming atau hiburan, olahraga juga menjadi topik yang turut meramaikan linimasa Twitter saat bulan Ramadan tiba. Di Twitter, pembahasan mengenai olahraga juga memiliki audiens-nya tersendiri, mulai dari pembahasan sepak bola Liga Inggris, badminton, hingga MotoGP. Sepak bola, badminton, dan basket menjadi tiga jenis olahraga teratas yang banyak dibicarakan di 2019 di Indonesia. Percakapan tentang Liga Inggris bahkan meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan 2019.

    Pembicaraan di Twitter mengenai lingkungan meningkat dalam lima tahun terakhir 

    Topik lingkungan tidak kalah seru dibicarakan oleh para pengguna Twitter karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi. Sebanyak 49% pengguna Twitter di Indonesia setuju bahwa sangat penting bagi mereka untuk turut berpartisipasi atau melakukan sesuatu dalam merawat lingkungan. 

    “Di bulan Ramadan yang akan datang, brand dapat melihat kembali empat topik yang selalu ada di Twitter seperti gaming, hiburan, olahraga, dan lingkungan, kemudian menganalisa bagaimana mereka dapat menjadi bagian dari percakapan audiens secara konsisten dari awal hingga akhir bulan Ramadan. Keempat topik ini kadang terlupakan, tapi percakapannya di Twitter justru meningkat pada bulan Ramadan.” Tutup Dwi.

    Baca juga, Mulai Maret 2020, tak boleh posting foto dan video editan di Twitter

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR