Monday, 14 June 2021
More

    Latest Posts


    8 tips praktis untuk merapikan Instagram

    Tips ini bisa kamu gunakan untuk merapikan Instagram. Sosial media dan hidup kita saat ini hampir tidak bisa dipisahkan. Secara tidak sadar, kita menggunakan sosial media dalam berbagai aspek kehidupan kita. Mulai dari berinteraksi dengan teman, mencari hiburan, membahas pekerjaan, hingga mencari popularitas.

    Apalagi, Instagram yang memiliki fitur like dan comment yang sering dijadikan ‘ajang’ untuk berlomba-lomba menyombongkan diri. Selain itu, hal negatif lainnya yang bisa kita dapatkan dari Instagram adalah hate comment (komentar), bullying (perundungan), hingga pelecehan. Maka dari itu, Instagram bisa menjadi toxic bagi diri dan kesehatan mental kita.

    Hal tersebut sangat lumrah terjadi. Seperti yang dapat dikutip dari salah satu utas yang ditulis oleh Adjie Santosoputro, seorang praktisi Emotional Healing yang dikutip oleh winnetnews.com, ia menyatakan bahwa penggunaan sosial media yang berlebih dapat memengaruhi kondisi batin, membuat lebih cepat cemas dan tidak tenang.

    Baca juga: Keunggulan Samsung Galaxy Z Flip

    Jika kita mulai merasa Instagram dapat mengganggu kesehatan mental, ada delapan tips praktis untuk merapihkan akun kita tanpa menonaktifkannya. Berikut tips merapikan Instagram yang dilansir dari makeusof.com.

    Unfollow Akun yang Jarang Berinteraksi

        Saat ini, Instagram telah memudahkan penggunanya dalam menyeleksi akun-akun yang jarang berinteraksi dengan kita. Pada beberapa fitur terbarunya, yaitu, Categories. Dalam fitur tersebut terdapat Least Interacted With dan Most Shown in Feed yang bisa kita temukan dalam following. Fitur-fitur tersebut dapat  menunjukkan akun mana saja yang jarang berinteraksi dengan kita, akun mana saja yang sering muncul di feeds kita, maupun akun-akun yang sering kita like atau comment postingannya.

    Berikut cara menggunakan fitur Categories sebagai salah satu tips merapikan Instagram:

    1. Buka profil kamu
    2. Klik ‘Following
    3. Lalu, pilih Least Interacted With’ atau Most Shown in Feed’

    Delete atau Archive Postingan pada Feeds

      Tahap kedua adalah merapihkan feeds dengan cara menghapus foto atau video lama yang dirasa tidak mendeskripsikan diri kita saat ini. Kita bisa mulai memilih dari foto mana yang hasilnya kurang bagus atau video mana yang membuat diri kita merasa tidak percaya diri. Berikut adalah cara menghapus postingan pada feeds.

    1. Pilih postingan yang ingin kamu hapus.
    2. Klik postingan tersebut
    3. Klik tombol tiga titik yang terletak di pojok kanan atas
    4. Pilih ‘Delete

    Jika kita tidak ingin menghapus postingan dengan cara permanen, namun tidak ingin memperlihatkannya kepada followers, kita bisa menyimpannya pada fitur Archive. Dimana pada fitur ini, hanya kita saja yang dapat melihat postingan tersebut. Berikut adalah menggunakan fitur Archive pada Instagram.

    1. Pilih postingan yang ingin kamu hapus.
    2. Klik postingan tersebut
    3. Klik tombol tiga titik yang terletak di pojok kanan atas
    4. Pilih ‘Archive

    Kita juga dapat melihat postingan yang telah kita archive dengan cara:

    1. Klik tombol ‘Menu pada profi
    2. Pilih ‘Archive
    3. Ubah menu dropdown pada bagian atas halaman menjadi Archive Posts.
    4. Pilih ‘Show on Profile’, jika ingin mengembalikan salah satu postingan pada feeds kita.

    Update Bio dan Informasi Personal Lainnya

    Langkah selanjutnya adalah memperbaharui profil kita. Tujuannya untuk memberi informasi personal terbaru kamu. Misalnya dengan menambah link website, mengganti username atau nama, menambah email, nomor telepon serta mengubah bio. Berikut cara menambah informasi pada profil kamu.

    1. Buka profil kamu
    2. Klik ‘Edit Profile
    3. Pilih ‘Done’ untuk menyimpan informasi yang telah diubah.

    Mute Stories atau Post yang Menganggu

    Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan fitur Mute pada Instagram kita untuk mengabaikan postingan atau stories dari akun yang tidak ingin kita lihat atau membuat kita tidak nyaman. Berikut langkah yang dapat kamu ikuti dalam menggunakan fitur Mute.

    1. Kunjungi profil akun yang ingin kita mute.
    2. Klik tombol ‘Following’ yang terletak di bawah ikon foto profilnya.
    3. Ketuk tombol Mute’, lalu pilih posts dan/atau stories.

    Jika kita sudah menggunakan fitur Mute pada akun seseorang, stories mereka akan muncul di paling belakang, serta tidak akan terputar secara otomatis maupun muncul pada update-an terbaru. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur Hide Your Story untuk menyembunyikan stories kita dari akun tertentu. Berikut adalah cara menggunakan fitur Hide Your Story.

    1. Kunjungi profil yang ingin kamu
    2. Ketuk tombol ‘Menu’ yang terletak pada pojok kanan atas.
    3. Pilih ‘Hide Your Story’.

    Menyeleksi Close Friends untuk Membatasi Audience

      Tahapan selanjutnya adalah membatasi audience dengan cara mengkategorikan mereka pada close friends. Audience di sini adalah akun yang melihat stories atau postingan kita pada feeds. Kita bisa menggunakan fitur close friends untuk membatasi akun mana saja yang bisa melihat stories dan postingan kita. Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin mengunggah stories atau postingan yang ingin kamu tunjukkan pada akun-akun tertentu saja.

    Untuk menyeleksi followersmu menjadi close friends, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

    1. Ketuk ikon profil yang berada di pojok kanan bawah.
    2. Pilih ‘Menu yang terletak di kanan atas. Pilih ‘Close Friends’,
    3. Gunakan ‘Suggestions yang muncul atau mencari username pada kolom ‘Search’.

    Bedanya stories yang diunggah dalam fitur Close Friends, dapat dilihat dengan adaanya lingkaran hijau pada ikon di kolom stories. Akun yang telah kamu pilih sebagai close friends, tidak dapat melihat daftar close friends kamu, selain itu mereka juga tidak akan mendapat notifikasi jika kamu mengubah daftar close friends tersebut.

    Memantau Waktu Penggunaan Instagram

      Instagram telah lama memiliki fitur Your Activity. Dengan adanya fitur ini, kita bisa memantau berapa lama waktu yang kita habiskan untuk membuka Instagram. Untuk melihat fitur tersebut kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut.

    1. Pilih Menu’ yang terletak pada pojok kanan atas halaman profil kamu.
    2. Ketuk ‘Your Activity’

    Fitur ini menampilkan waktu yang sudah kita habiskan pada Instagram selama seminggu. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur Set Daily Reminder untuk membatasi waktu pemakaian Instagram. Atur berapa lama waktu yang akan kita habiskan, lalu aplikasi tersebut akan memberi notifikasi jika waktu yang kamu habskan sudah mendekati atau melebihi batas pemakaian. Kita juga bisa merubah pengaturan pada notification settings untuk mengurangi notifikasi yang masuk pada akun kita.

    Restrict atau Block Akun Toxic

    Bagi kamu yang sering merasa terganggun dengan postingan akun-akun tertentu atau memiliki masalah yang serius dengan seseorang, dua fitur instagram ini data membantu kamu. Fitur tersebut adalah Restrict dan Block. Fitur Restrict adalah fitur terbaru Instagram yang dapat digunakan untuk melindungi kita dari komentar atau pesan yang tidak diinginkan.

    Kelebihan dari fitur ini adalah komentar orang yang kita restrict tidak akan muncul pada kolom comment. Kecuali, jika kamu sudah mengizinkannya. Mereka juga tidak bisa melihat kita saat online, serta kita tidak bisa membaca pesan mereka. Selain itu, kita juga tidak bisa melihat notifikasi dari komentar mereka. Berikut cara menggunakan fitur restrict yang merupakan tips selanjutnya merapikan Instagram.

    1. Kunjungi akun profil mereka.
    2. Ketuk tombol ‘Menu’ yang ada pada pojok kanan atas.
    3. Pilih ‘Restrict’

      Fitur kedua adalah fitur Block. Pada fitur ini, seseorang benar-benar tidak bisa berinteraksi atau bahkan melihat akun kita. Untuk memblokir seseorang kita hanya cukup mengunjungi profilnya, lalu pilih ‘Block’ pada Menu. Setelah itu, mereka benar-benar tidak akan bisa melihat profil kita lagi.

    Membersihakan Halaman Explore

      Halaman Explore pada Instagram membantu kita mencari akun baru untuk difollow. Aku yang muncul pada halaman Explore berdasarkan topic yang sering kita cari atau aktivitas yang kita lakukan di Instagram. Yang mana juga, kadang-kadang bisa membuat kita merasa jennuh dengan rekomendasi yang muncul.

    Jika kamu merasa jenuh dengan halaman tersebut, atau merasa tidak tertarik dengan postingan yang muncul, kamu dapat menguranginya dengan cara sebagai berikut.

    1. Pilih salah satu postingan pada halaman Explore.
    2. Klik tombol ‘Menu’.
    3. Pilih Not Interested in This Post’.

    Kita juga bisa memformat ulang halaman Explore dengan cara sebagai berikut.

    1. Klik ‘Settings
    2. Pilih ‘Security’ > Clear Search History
    3. Hapus akun atau hashtags yang pernah kamu cari dengan menekan tanda X atau langsung saja klik ‘Clear all’ untuk menghapus semua.

    Baca juga: Cara buka semua blokiran di Whatsapp

    Gimana nih, paradiva? Tips ini dapat memudahkan kamu dalam merapihkan Instagram, Kan!

    3 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR