Saturday, 19 June 2021

Begini Tren dan Tips Intimate Wedding Aman Kekinian

Saat ini perencanaan pernikahan melalui pemanfaatan teknologi kian digemari, terutama di tengah pandemi, karena dinilai lebih praktis dan efisien. Hal ini turut disampaikan Ekhel Chandra...
More

    Latest Posts


    6 fitur Gmail ini wajib kamu ketahui

    Fitur Gmail ini wajib kamu ketahui untuk menjaga kebersihan Inbox kamu. Saat ini, Gmail atau Google mail menjadi salah satu platform pengirim email terpopuler di seluruh dunia. Sebelum benar-benar dirilis pada tahun 2004 lalu, Gmail sempat dijadikan lelucon oleh sebagian orang karena fiturnya yang tidak masuk akal.

    Dilansir dari tirto, fitur Gmail yang ditawarkan oleh Google sebelum dirilis pada tahun 2004 lalu, yakni menyediakan kapasitas penyimpan sebesar 1 gigabyte (gb) dan pengguna dapat mengaksesnya secara gratis.

    Baca juga: tips merapikan Instagram

    Kabar tersebut jelas mengejutkan banyak orang. Pasalnya, fitur yang ditawakan Google tersebut dapat mengalahkan fitur yang disediakan oleh Hotmail. Yang saat itu hanya memiliki kapasitas gratis sebesar 2-4 megabyte (mb) saja. Hotmail adalah layanan email milik Microsoft yang paling sering digunakan saat itu.

    Seiring dengan berjalannya waktu, Google terus melakukan inovasi pada fitur Gmail guna meningkatkan performa platform tersebut. Dilansir dari Cnet, berikut adalah 6 fitur Gmail yang wajib kamu ketahui!

    Fitur Unsend Message dalam 30 detik

    Fitur pertama yang wajib kamu ketahui adalah Unsend Message. Kita pasti sering melakukan kesalahan saat menulis email. Entah melakukan typo pada penulisan, lupa melampirkan dokumen, atau salah menulis alamat email. Namun, kita baru sadar setelah email tersebut sudah terkirim.

    Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi jika melakukan kesalahan karena Gmail telah membuat fitur unsend message. Fitur tersebut dapat kita lakukan hanya dengan 30 detik saja. Berikut langkah-langkahnya.

    1. Pilih ikon ‘Gear‘ yang terletak pada pojok kanan atas.
    2. Pilih Settings > General
    3. Pada list teratas, kamu akan menemukan Undo Send: drop-down menu
    4. Ubah pengaturan dari 5 detik menjadi 10, 20, 39 detik.

    Menambahkan Alias saat Mengirim Email 

    Fitur kedua adalah menambahkan alias pada email kamu. Fitur ini berfungsi untuk mencegah masuknya email yang tidak diinginkan. Misalnya email dari notifikasi sosial media, promosi maupun diskon dari e-commarce. 

    Caranya adalah dengan menambahkan tanda ‘+’ pada akhir username kamu (sebelum tanda “@”). Contohnya seperti, [email protected] Setelah itu, kamu akan diarahkan pada alamat utama emailmu tanpa memasukannya ke dalam spam. Kamu juga dapat memfilter pesan yang berisi “username+junkmail” pada junk atau trash folder sehingga kamu tidak perlu menghapusnya satu persatu.

    Trik ini tidak hanya berguna untuk memfilter junk, namun juga dapat memungkinkan kamu membuat berbagai alamat email baru hanya dengan satu kali login. Misal, kamu ingin membedakan email yang kamu gunakan untuk sosial media, dengan email yang kamu gunakan untuk kerja. Contohnya seperti ini, ‘[email protected]

    Merapikan Inbox dengan fitur Filter

    Fitur ketiga adalah fitur filter. Fitur ini dapat digunakan untuk memisahkan email menjadi beberapa kategori.  Misalnya, dengan cara membuat kategori filter “unsubsrcibe” yang otomatis menunjukkan email dari buletin-buletin langgananmu, lalu memindahkannya ke junk folder-mu.

    Berikut adalah langkah yang dapat kamu ikuti untuk merapikan Inbox.

    1. Klik ikon ‘Gear’, lalu pilih Settings
    2. Pilih tab Filters & Blocked Addresses’.
    3. Klik ‘Create New Filter.
    4. Masukkan keyword yang kamu inginkan pada kolom Fromjuga pada kolom Has the words untuk menampilkan keseluruhan email.
    5. Klik ‘Create Filter‘. Tentukan mana saja email mana saja yang ingin kamu kategorikan pada: Delete it, Skip the Inbox (Archive it), Mark as Read, Important
    6. Klik ‘Create Filter‘.

    Baca juga: tips mengubah nama smartphone, biar ga bikin bingung

    Mengirim Pesan lewat Gmail

    Jika ponselmu mati atau tidak terkoneksi pada Wi-Fi, Gmail bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan. Pesan tersebut dapat kamu kirim melalui laptopmu. Caranya, kamu hanya perlu mengetahui nomor ponsel tujuanmu dan provider yang mereka gunakan.

    Untuk mengirim pesan lewat email, buka compose an emailmasukkan 10 digit nomor ponsel tujuanmu (tanpa tanda strip) sebagai username dan provieder mereka sebagai gateway address (yang tersedia pada website provider mereka) sebagai domain pada kolom ‘to‘. Contohnya sebagai berikut, [email protected](domain provider).com.

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR