Tuesday, 2 March 2021
[adrotate banner="3"]

Pembaruan Telegram Tambahkan Opsi auto-delete dalam Platformnya

Aplikasi Telegram baru saja memperbarui platformnya dengan membawa opsi auto-delete. Tak hanya itu, ternyata ada pula fitur invie links dan new unlimited groups. Pembaruan...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Hati-hati! Teks, foto, dan nomor WhatsApp tersimpan dipencarian Google

    Paradiva yang menggunakan aplikasi WhatsApp mungkin bakal terkejut mengetahui data pribadi kamu bisa tersedia di data pencarian Google. Pasalnya jika kamu pengguna aktif yang rutin mengirim pesan, obrolan grup, gambar serta file, bisa jadi data kamu tidak seaman yang dibayangkan.

    fitur google one

    Baru-baru ini terungkap bahwa obrolan grup WhatsApp dapat ditemukan di Google dan bergabung dalam satu link. Dilansir pada laman, , Jordan Wildon, Jurnalis DW berbagi bagaimana dirinya dapat mengakses obrolan grup pribadi melalui Google.

    Yang menjadi kekhawatiran yaitu bisa jadi kontak lain yang tidak kita kenal bisa muncul pada kolom pesan WhatsApp dan bisa mendapatkan akses pada tek, foto, dan nomor telepon paradiva.

    Setelah seseorang bergabung dengan obrolan grup, mereka akan dapat mengakses nomor telepon anggota grup tersebut. Untungnya, anggota baru yang bergabung dengan obrolan grup tidak dapat kembali ke pesan lama atau aktivitas chat yang dikirim sebelumnya.

    Pihak WhatsApp awalnya mengatakan mereka mengetahui fakta bahwa obrolan grup tersedia untuk dicari melalui Google. Namun dikutip pada laman Dailystar, pihak dari perusahaan milik Google juga mengatakan fitur itu berfungsi sesuai rencana penggunanya.

    Mampu mengakses obrolan grup melalui Google dimungkinkan setelah ada tampilan “Invite to Group via Link“. URL unik ini memungkinkan pengguna untuk membagikan grup sehingga orang lain dapat bergabung dengan lebih mudah.

    Itu berarti tautan dapat ditambahkan ke email dan dikirim secara massal, bisa juga menambahkan setiap anggota grup baru secara terpisah. Setelah pengguna memiliki tautan, mereka dapat mengekliknya dan secara otomatis bergabung dengan grup, tanpa memerlukan persetujuan admin.

    Setelah tautan dibagikan, Google dapat melihat tautan dan mengindeksnya di basis data  pencariannya. Agar seseorang dapat menemukan tautan, mereka hanya perlu memasukkan kombinasi kata kunci yang tepat ke dalam bilah pencarian Google.

    “Seperti semua konten yang dibagikan di saluran publik yang dapat ditelusuri, mengundang tautan yang diposting secara publik di internet dapat ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya. Tautan yang ingin dibagikan pengguna secara pribadi dengan orang yang mereka kenal dan percayai tidak boleh diposting di situs web yang dapat diakses publisitas.” Ungkap salah satu juru bicara WhatsApp.

    Peneliti keamanan Lav Kumar, mengungkapkan kabar yang beredar itu memang benar adanya, mengetahui hal ini pengguna WhatsApp rupanya marah dan mengambil sikap untuk tidak menyebarkan link yang bukan pada tempatnya serta menghapus link dari Google. Meski demikian, arsip internet yang tersedia untuk umum masih menyimpan informasi tersebut.

    Menurut laporan DW, hasil dari penelitian mengumpulkan dan mengorganisir lebih dari 60.000 tautan, yang masih dapat ditemukan di banyak situs web. Meskipun secara teknis bukan merupakan pelanggaran data, Jane Manchun Wong, seorang insinyur reverse-app, menyebut cacat keamanan tersebut bocor dan berdampak buruk, karena pengguna WhatsApp mengharapkan tautan undangan itu bersifat pribadi sampai pada tingkat tertentu.

    “Sangat menyenangkan melihat WhatsApp mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki pengawasan. Tapi itu hanya langkah pertama,” kata Wong. Wong melanjutkan bahwa dirinya memperingatkan, mencatat bahwa informasi masih tersedia di mesin pencari lain. Meskipun sangat tidak mungkin, bahwa pengguna dapat masuk ke grup mana pun dengan menebak pengidentifikasi 22 karakter di URL.

    Baca juga, Begini cara buka semua blokiran akun di WhatsApp

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR