Dark Mode WhatsApp di Android dan iOS, berikut cara mengaktifkannya

1
Akun WhatsApp

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya WhatsApp menyematkan fitur dark mode atau mode gelap untuk penggunanya di seluruh dunia. Namun latar belakangnya tidak hitam seperti dark mode pada umumnya, loh!

Sebelum menggunakan fitur ini, apakah kamu tahu fungsi fitur dark mode ini sebenarnya? Nah, WhatsApp mengatakan jika dark mode tak hanya memberikan tampilan yang lebih segar, tapi juga untuk memberikan kenyamanan pada mata.

Baca juga: Prediksi desain iPhone 12

“Fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan yang minim cahaya, dan tentunya dengan harapan menghindari momen-momen canggung yang terjadi ketika cahaya dari ponsel Anda menerangi seisi ruangan,” ujar pihak WhatsApp dalam keterangan resminya.

dark mode whatsapp

Ketika sebagian besar aplikasi yang menawarkan pengalaman mode gelap memilih untuk menggunakan warna hitam murni, WhatsApp menemukan selama masa uji coba bahwa menyatukan warna hitam dan putih murni dapat menghasilkan kontras yang tinggi sehingga mengakibatkan kelelahan pada mata.

Oleh karena itu, dalam mode gelap WhatsApp, pengguna akan melihat latar belakang yang memadukan warna abu-abu gelap khusus dan putih tulang (off-white) yang membuat obrolan  lebih ramah untuk mata.

Untuk mengaktifkan mode gelap, pengguna harus memperbarui versi WhatsApp. Pengguna Android 10 dan iOS13 dapat mengaktifkan mode gelap dengan mudah melalui pengaturan perangkat.

Caranya, buka Pengaturan WhatsApp > Chat > Tema > pilih ‘Gelap’.

Namun sayang, pengguna Android 9 dan versi sebelumnya dapat mengaktifkan mode gelap.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan