5 Tricks menggunakan Google Maps yang harus kamu ketahui

0
Gemini

5 tricks dalam menggunakan fitur Google Maps yang harus kamu ketahui. Paradiva, pasti sering, kan, menggunakan Google Maps? Entah untuk menunjukkan jalur alternatif, menunjukkan jalur ganjil genap, menghindari kemacetan, atau sekadar mencari tahu keadaan lalu lintas yang ingin kamu lewati.

Di samping itu, Google Maps juga punya fitur lain yang dapat memudahkan para penggunanya. Berikut trik yang bisa kamu ikuti dalam menggunakan fitur Google Maps yang dilansri dari cnet.

Fitur translate nama tempat dan alamat

Fitur translate ini cocok banget bagi kamu yang sering travelling ke luar negeri. Pada fitur ini, Google Maps menyediakan audio untuk membantu kamu dalam menyebutkan nama tempat atau restoran yang ingin kamu kunjungi. Khususnya di negara yang bahasanya tidak kamu kuasai.

Untuk menggunakan fitur ini, cari tempat tujuanmu, lalu tap nama tempatnya. Di sebelah nama tempat, kamu akan menemukan ikon ‘Speaker’ untuk mendengarkan nama tempatnya.

Merubah ikon navigasi

Merasa bosan dengan ikon navigasi yang berupa anak panah berwarna biru? Saat ini, kamu bisa merubah ikon navigasi tersebut dengan ikon baru sesuai seleramu. Pilih ikon mobil sedan merah, truk hijau atau SUV kuning.

Merubah ikon navigasi ini juga bisa memudahkan kamu dalam menunjukkan dimana tempatmu berada. Daripada, mencari anak panah  berwarna biru yang menyatu dengan peta. Namun sayangnya, fitur ini baru bisa digunakan oleh pengguna iPhone saja.

Memesan makanan

Sekarang kamu juga bisa loh pesan makanan lewat Google Maps. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan delivery, seperti DoorDash, Postmates, Delivery.com, Slice dan ChowNow untuk mengatar pesananmu.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cari nama restoran yang kamu inginkan.
  2. Tap ‘Order Online‘ > delivery
  3. Pilih layanan delivery yang kamu inginkan. Masukkan ke dalam keranjang.
  4. Select ‘Checkout’, masukkan pembayaran.
  5. Tap ‘Place Your Order’.

Mengukur Jarak

Google Maps juga dilengkapi dengan fitur pengukur jarak. Fitur tersebut dinamakan Measure distance. Measure distance dapat menunjukkan jarak dalam satuan meter maupun kilometer.

Cara menggunakannya adalah

  1. Press dan hold pada titik awal, sampai pin yang berwarna merah muncul.
  2. Buka menu yang ada pada bawah layar, lalu pilh ‘measure distance‘.
  3. Setelah melihat titik berwarna biru, arah jari kamu pada titik yang ingin kamu ketahui jaraknya.
  4. Tap ‘Add Point‘ setelah kamu mengetahui jaraknya.

Menggunakan Maps di tempat indoor

Kamu juga bisa menggunakan Google Maps di tempat indoor. Fitur ini bisa membantu kamu menujukkan apa saja yang ada di tempat baru.

Misalnya, di bandara atau mall. Fitur ini akan menunjukkan resotoran, toko-toko, cafe, lounge atau tempat-tempat lain yang kamu inginkan. Menarik, bukan?

Cara menggunakan fitur Google Maps ini dengan mencari nama tempat yang kamu inginkan. Kamu bisa mengetahui apakah tempat itu berada di lantai yang sama. Fitur ini juga bisa memberi informasi tempat-tempat yang ada di lantai lain.

Baca juga: Kurangi penggunaan plastik, Gojek bagikan tas khusus antar GoFood


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan