Monday, 14 June 2021
More

    Latest Posts


    Penelitian: Makan sayur bisa mencerahkan warna kulit

    Gaya hidup sehat banyak caranya. Bisa dimulai dengan banyak makan sayur dan buah-buahan, olahraga yang cukup atau bisa juga dengan memperbaiki jam tidur. Namun, kalian tau nggak sih kalau makan sayur bisa mencerahkan warna kulit kita? Ada penelitiannya, loh. Yuk, simak!

    Baca juga: LinkAja hadir di Pekan Qris Nasional 2020

    Penelitian dari University of St Andrews yang dilansir oleh news sky, menemukan bahwa memiliki tubuh yang fit, terhindar dari stress, tidur yang cukup dan bisa hidup sehat dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Penelitian ini juga meneliti hubungan antara kesehatan dan warna kulit.

    Dengan memakan sayur dan buah-buahan dapat mencerahkan warna kita. Sehingga kulit kita tampak lebih sehat. Perubahan warna tersebut, disebabkan oleh akumulasi pigmen tanaman dari kulit pada buah-buahan atau sayuran yang kita makan. Misalnya, pigmen orange carotene yang dimiliki wortel dan red lycopene dari tomat.

    Pigmen tersebut dinamakan Carotenoids. Caratenoids ini memiliki peran penting dalam tumbuh-tumbuhan. Seperti, memberi antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari racun oksidatif akibat terpapar polusi dan rokok. Antioksidan juga dapat melindungi tubuh kita dari makanan bergula yang dapat merusak DNA dan protein.

    Para peniliti menemukan bahwa kulit yang cerah bisa menjadi indikator kesehatan seseorang. Selain itu, dapat menunjukkan bahwa tubuh memiliki cadangan antioksidan yang cukup dan tingkat stress yang rendah.

    Penelitian ini dilakukan pada 134 siswa dengan mengukur tingkat kesehatan tubuh melalui detak jantung. Dengan cara berjalan dan berlari di treadmill. Profesor David Perrett, kepala pemimpin peneltian dari School of Psychology and Neuroscience pada Univeristy of St Andrews, menyatakan bahwa mereka  menilai kadar lemak tubuh dengan sebuah alat bernama impedence meter yang tersedia di beberapa timbangan kamar mandi.

    “Kami mengukur warna kulit dengan perangkat yang merekam bagaimana warna-warna tersebut ditunjukkan oleh kulit. Kami menemukan bahwa kesehatan kulit yang tinggi dan lemak tubuh yang rendah berkaitan dengan kecerahan warna kulit yang juga lebih tinggi.” Ujar David. David juga menjelaskan bahwa orang-orang yang sehat dan berkulit cerah ini bukan disebabkan oleh diet yang baik atau bukan juga karena terpapar sinar matahari.

    Para peneliti juga menilai apakah perubahan kesehatan dapat mencerahkan warna kulit. Dari 59 siswa dari klub olahraga yang mereka ikuti, dapat disimpulkan bahwa olahraga yang mereka lakukan bisa membuat kulit lebih cerah. Hal ini terlihat dari berkurangnya lemak tubuh sehingga membuat kulit mereka tampak lebih cerah.

    Sementara itu, penelitian ini juga menemukan bahwa tingkat stres yang tinggi dan kurangnya jam tidur dapat memengaruhi penurunan kulit. Dalam kata lain bisa membuat tubuh kita tampak lebih kusam. Para peneliti menggunakan foto-foto wajah untuk menunjukkan pengaruh antara gaya hidup sehat dan penampilan yang baik.

    David juga mengatakan, “Dari 90% percobaan 21 pengamat kami menemukan bahwa berolahraga dapat mencerahkan warna kulit dan juga tampak lebih sehat.” Ia juga menambahkan bahwa warna kulit dapat terlihat dalam waktu delapan minggu setelah menjalani gaya hidup sehat.

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR